Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Perdana di Abdya, Gampong Guhang Blangpidie Gelar Musdes Penetapan RJPMG 2023-2028

250
×

Perdana di Abdya, Gampong Guhang Blangpidie Gelar Musdes Penetapan RJPMG 2023-2028

Sebarkan artikel ini
Keuchik Gampong Guhang, Venny Kurnia menyerahkan dokumen Berita Acara dan Rancangan Qanun Gampong tentang penetapan RPJMG periode 2023-2028 kepada Ketua Tuha Peut, Edi Suhairi dalam musyawarah desa di Meunasah Al'Ala gampong setempat, Sabtu (27/8/2022). FOTO: AGN/Salman

Blangpidie, AcehGlobalNews.com — Pemerintah Gampong Guhang, Kecamatan Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya), berhasil menuntaskan dengan tepat waktu penyusunan dokumen rencana pembangunan jangka menengah gampong (RPJMG) periode tahun 2023-2028.

Hal itu disampaikan Keuchik Gampong Guhang, Venny Kurnia dalam sambutannya pada acara Musyawarah Desa (Musdes) pembahasan dan penetapan RPJMG periode 2023-2028 yang berlangsung di Meunasah Al’Ala gampong setempat, Sabtu (27/8/2022).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Venny mengatakan, Musdes yang dilaksanakan untuk menetapkan RPJMG pada tahun anggaran 2022 ini merupakan yang perdana dilakukan dari 152 gampong yang ada dalam Kabupaten Abdya.

“Perlu kami sampaikan, ini adalah Musyawarah Desa yang perdana di Abdya dalam hal pembahasan dan penetapan dokumen RPJMG 2023-2028,” tuturnya.

Venny juga menjelaskan, program-program yang tertuang dalam RPJMG telah direkap oleh tim penyusun dan salah satunya merupakan hasil dari penggalian ide dan gagasan masyarakat melalui musyawarah dusun (Musdus) yang dilaksanakan sebelumnya.

Baca Juga :   Nasabah Apresiasi Pelayanan Bank Aceh Syariah

Sebagai gampong tercepat yang menggelar Musdes RPJMG, kesempatan itu, Venny menyampaikan ungkapan terimakasih kepada tim penyusun RPJMG dan seluruh perangkat gampong yang telah merampungkan dokumen perencanaan pembangunan gampong untuk 6 tahun kedepan itu.

Kesempatan itu, ia juga menghaturkan ucapan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada Pendamping Desa (PD dan PLD) gampong Guhang, karena telah ikut membantu kerja tim penyusun RPJMG dalam menuntaskan dokumen tersebut.

“Saya mengharapkan dukungan dan kerjasama dari seluruh masyarakat, agar semua usulan dan program yang sudah termuat dalam dokumen RPJMG ini dapat terwujud dengan baik selama saya memimpin gampong Guhang untuk 6 tahun kedepan,” harap Venny.

Sementara itu, Korwil 2 TPP Abdya, Fitriadi SE yang menghadiri acara Musdes tersebut, saat dikonfirmasi, juga membenarkan bahwa ini adalah Musdes penetapan RPJMG yang pertama dilaksanakan di Kabupaten Abdya.

Baca Juga :   Bupati Akmal Lepas Peserta Fun Bike & Fun Walk HUT Abdya ke-20

“Iya, ini adalah musyawarah desa pembahasan dan penetapan RPJMG 2023-2028 yang perdana di Abdya,” sebutnya.

Sebelumnya, Ketua Tuha Peut Gampong Guhang, Edi Suhairi yang memimpin dan sekaligus membuka acara Musdes RPJMG tersebut, mengajak masyarakat agar mengawal dan mendukung setiap program yang telah dituangkan ke dalam perencanaan pembangunan gampong 6 tahun ke depan itu.

Kesempatan tersebut, Edi juga berpesan kepada masyarakat, jika ada keluhan dan persoalan yang menyangkut dengan gampong, terutama terkait pemanfaatan Dana Desa untuk disampaikan kepada pihaknya selaku lembaga Tuha Peut atau juga bisa langsung kepada Keuchik dan aparatur Gampong.

Hal itu, kata Edi guna mendapatkan penyelesaian dengan baik dan cepat. Menurutnya, setiap persoalan yang berkembang di dalam gampong diharapkan memperoleh solusi dan informasi kepada masyarakat pun juga tidak tersumbat.

Baca Juga :   Keuchik dan Aparatur Gampong Blangpidie Ikuti Sosialisasi Penyusunan RPJMG

“Permintaan kami dari Tuha Peut kepada masyarakat, apabila ada hal-hal yang tidak tepat, atau masalah di gampong untuk menanyakan langsung kepada kami atau kepada Keuchik dan perangkat Desa. Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman di dalam masyarakat. Dan apabila ada persoalan akan kita bicarakan bersama melalui musyawarah,” pesan Edi.

Acara musyawarah desa pembahasan dan penetapan RPJMG 2023-2028 itu turut dihadiri Korwil 2 TPP Abdya, Fitriadi SE, Pendamping Desa Kecamatan Blangpidie M.Tahir dan Affan Arafat, Babinsa Koptu Hendriko, Babinkamtibmas Bripka Roby, Anggota Tuha Peut, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Pemuda, Pendamping Lokal Desa (PLD), Khairiyah dan unsur keterwakilan masyarakat dusun, serta seluruh aparatur gampong setempat.(*)