Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Pj Bupati Abdya: Imum Mukim Kunci Pembangunan Masyarakat

261
×

Pj Bupati Abdya: Imum Mukim Kunci Pembangunan Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Abdya, H Darmansah saat melantik dan mengambil sumpah 20 Imum Mukim dalam kabupaten Abdya di Lobi Kantor Bupati setempat, Jum'at (3/1/2023).

Blangpidie – Imum Mukim adalah kunci penting dalam membina kehidupan masyarakat. Hal ini disampaikan Pj. Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), H. Darmansah saat memberikan sambutan pada acara pelantikan 20 Imum Mukim yang berlangsung di Lobi Kantor Bupati setempat, Jum’at (3/2/2023).

Menurut Darmansah, peran Imum Mukim sangat penting dalam bidang politik, ekonomi, sosial budaya, maupun pertahanan keamanan. Oleh karena itu, perlu adanya kedudukan, fungsi, dan peran yang sesuai dengan perkembangan dan tuntutan pembangunan nasional.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Imum Mukim bukan hanya harus berperan aktif dalam mengendalikan jalannya roda pemerintahan gampong, tetapi juga dalam memelihara ketertiban, kerukunan, ketentraman, dan pembangunan masyarakat,” ujar Darmansah.

Baca Juga :   Dua Wartawan Abdya Raih Juara Karya Jurnalistik TMMD ke-114

Ia juga menjelaskan bahwa peran Imum Mukim dalam pelaksanaan syari’at Islam, memelihara, menjaga, membela, menerapkan, dan memberlakukan adat istiadat serta hukum adat dalam masyarakat Aceh sangat sakral dan strategis. Oleh karena itu, eksistensi Imum Mukim harus dipertahankan, dibina, dan dilestarikan.

“Kami menginstruksikan kepada saudara untuk secara aktif berpartisipasi melaksanakan tugas dan kewajiban, baik di bidang pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan, dan syariat Islam,” ujar Darmansah.

Baca Juga :   Pj Bupati Abdya Ingatkan Anggota PPK Jangan Mudah Tergiur dengan Suap

Darmansah menyampaikan, kehadiran Imum Mukim yang memiliki pengaruh besar dalam kehidupan masyarakat diharapkan dapat memberikan kontribusinya bagi kemajuan pembangunan daerah.

“Saudara-saudara harus bekerja keras membantu mempercepat pembangunan di Abdya. Inilah saatnya untuk membuktikan bahwa Imum Mukim memegang peran penting dalam membina kehidupan masyarakat,” pungkasnya. (*)