Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Internasional

Tiga Negara Besar di Eropa Bakal Akui Kemerdekaan Palestina

124
×

Tiga Negara Besar di Eropa Bakal Akui Kemerdekaan Palestina

Sebarkan artikel ini
Seorang wanita di tengah kerumunan massa mengibarkan bendera Palestina. Ratusan ribu warga Inggris turun ke jalan dalam unjuk rasa di London Inggris itu pada Sabtu (11/11/2023) dan menyerukan kebebasan Palestina. (Foto: ANTARA/Xinhua/Li Ying)

Yerusalem — Tiga negara besar di benua Eropa menyatakan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina yang saat ini masih berkecamuk perang hebat dengan Zionis Israel.

Ketiga negara tersebut adalah Irlandia, Spanyol, dan Norwegia. Ketiga negara ini bakal mengakui kemerdekaan Palestina pada pada 28 Mei 2024.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dalam keterangan resmi Hamas yang dikutip CNN Indonesia dari AFP, Kamis (23/5/2024), menyebutkan bahwa Kelompok Hamas dan Otoritas Palestina menyambut baik keputusan ketiga negara Eropa itu.

Baca Juga :   Pembakar Al Quran Salwan Momika Dikabarkan Tewas Secara Tiba-tiba di Norwegia

Hamas menyatakan keputusan Irlandia, Spanyol, dan Norwegia adalah langkah penting untuk menegaskan hak atas tanah milik rakyat Palestina sendiri.

“Kami melihat ini sebagai langkah penting untuk menegaskan hak kami atas tanah kami,” kata Hamas dalam keterangan tersebut.

Usai tiga negara yang akan mengakui kebebasan Palestina, Hamas juga meminta kepada negara-negara lain di dunia mengikuti langkah serupa agar dapat mengakui Palestina sebagai negara merdeka.

Baca Juga :   Israel Kembali Gempur Gaza, Hampir 200 Orang Meninggal Dunia

Pejabat senior Hamas Bassem Naim, mengatakan pengakuan berturut-turut oleh ketiga negara Eropa itu merupakan hasil nyata dari perlawanan berani dan ketabahan rakyat Palestina dalam memperjuangkan hak atas tanah milik mereka.

“Kami percaya ini akan menjadi titik balik dalam posisi internasional terhadap masalah Palestina,” ungkapnya kepada AFP.

Hal senada juga diungkapkan Otoritas Palestina. Mereka menyambut baik keputusan Irlandia, Spanyol dan Norwegia. Otoritas Palestina menyebut langkah tersebut merupakan “momen yang bersejarah.”

Baca Juga :   Presiden Iran Ebrahim Raisi Dilaporkan Meninggal Kecelakaan Heli

Pengakuan kemerdekaan Palestina merupakan upaya dalam mendukung tercapainya solusi mengatasi konflik Israel – Palestina dan kedua negara bisa hidup berdampingan.

Israel yang merespon keputusan Irlandia, Spanyol, dan Norwegia yang mengakui kemerdekaan Palestina, akhirnya meradang.

Setelah pengumuman pengakuan itu, Negeri Zionis menarik duta besarnya dari Norwegia dan Irlandia.

Bahkan, Israel juga berjanji akan menarik duta besarnya dari Spanyol.(*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News