Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

5.778 Jiwa Penduduk Abdya Belum Miliki e-KTP

739
×

5.778 Jiwa Penduduk Abdya Belum Miliki e-KTP

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi e-KTP (Foto: Internet)

Laporan : M. Nasir | Editor : Salman

Blangpidie, AcehGlobalNews – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyatakan bahwa sebanyak 5.778 warga di daerah itu tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Untuk mengatasi masalah ini, Kadis Dukcapil Abdya, Jamaluddin, melakukan langkah cepat dengan turun lapangan ke titik sasaran untuk merekam KTP bagi orang-orang tersebut.

Baca Juga :   Baru 4 Hari Jabat Kapolda Jatim, Irjen Teddy Dicopot Gegara Kasus Narkoba

“Kami akan melaksanakan perekaman langsung ke titik sasaran 5.778 warga melalui program jemput bola, dengan inovasi Abdya-Oke dan Inovasi Serakit (Senangkan Orang Sakit),” kata Jamaluddin melalui WhatsApp, Rabu (4/1/2023).

Menurut Jamaluddin, dari total penduduk Abdya yang wajib memiliki e-KTP (DKB 1 2022) yaitu 108.961 orang, hanya 103.183 orang yang sudah selesai melakukan perekaman KTP. “Artinya masih ada 5.778 orang yang belum memiliki kartu identitas,” jelasnya.

Baca Juga :   Disdukcapil Abdya Serahkan Dokumen Kependudukan kepada 9 Mualaf di Blangpidie
Inovasi jemput bola Disdukcapil Abdya melalui program Serakit dan Abdya-OK terjun langsung ke tengah warga melakukan perekaman e-KTP. (Foto: AGN/Nasir)

Padahal, Disdukcapil Abdya saat ini mengaku tidak memiliki anggaran khusus untuk menjalankan kedua program inovasi tersebut.

Meskipun demikian, Jamaluddin berkomitmen akan terus berusaha maksimal untuk mencapai target penyelesaian perekaman e-KTP bagi orang-orang belum memiliki kartu tanda pengenal tersebut.

Baca Juga :   Melalui PHBS, Masyarakat Kuta Bahagia Diajak Wujudkan Lingkungan Bersih

“Maka itu, kami sangat mengharapkan kerjasama yang baik dari semua pihak, terutama Camat, Keuchik Gampong, dan sekolah-sekolah seperti SMA dan SMK, untuk ikut membantu dan mendukung program ini agar bisa berjalan sesuai target yang kita harapkan,” tandasnya. (*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News