Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Melalui PHBS, Masyarakat Kuta Bahagia Diajak Wujudkan Lingkungan Bersih

209
×

Melalui PHBS, Masyarakat Kuta Bahagia Diajak Wujudkan Lingkungan Bersih

Sebarkan artikel ini

Melalui PHBS, masyarakat Gampong Kuta Bahagia, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) diajak untuk mewujudkan lingkungan bersih dan sehat.

Ajakan itu disampaikan Keuchik Gampong Kuta Bahagia, Muhammad Yasal pada kegiatan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada masyarakat di Mushalla Quba Gampong setempat, Rabu (6/7/2022).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Tujuan diadakan sosialisasi PHBS untuk mengedukasi dan mengajak masyarakat agar turut bersama-sama bisa mewujudkan lingkungan bersih dan sehat terutama pada situasi pandemi Covid-19 ini,” ujar Yasal.

Meskipun akhir-akhir ini, penyebaran Covid-19 di daerah sudah kian melandai, namun kata Yasal, upaya perilaku hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari wajib terus dilakukan.

Baca Juga :   Gampong Kuta Bahagia Abdya Tetapkan Calon Penerima BLT Dana Desa 2022

“Apalagi kebersihan dalam padangan Islam sebagian dari iman, jadi sudah menjadi kewajiban bagi kita menjaga kebersihan baik badan, pakaian, lingkungan rumah tangga, maupun lingkungan desa,” tuturnya.

Hal tersebut, dilakukan semata-mata untuk menghindari potensi penyebaran penyakit, salah satunya, penyakit DBD yang disebabkan karena lingkungan kotor, tidak bersih sehingga menjadi tempat bersarangnya nyamuk malaria.

“Karena itu, kita melaksanakan kegiatan ini dalam rangka transfer informasi, sarana edukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat agar selalu menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat,” jelasnya.

Baca Juga :   Raih 184 Suara Pemilih, Yasal Resmi Melenggang ke Kursi Keuchik Kuta Bahagia

Karena peserta yang hadir hanya dari unsur-unsur tertentu saja di dalam gampong, maka Keuchik termuda di Abdya itu berharap sepulang dari kegiatan sosialisasi PHBS tersebut, masyarakat yang hadir diminta untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat lain apa yang diperolehnya dari narasumber saat kegiatan berlangsung.

“Agar masyarakat lain yang tidak hadir juga mengerti dan faham bahwa pentingnya menjaga serta memelihara lingkungan menjadi bersih dan sehat,” pinta Yasal.

Untuk diketahui, kegiatan sosialisasi PHBS ini diikuti 23 peserta, antara lain Kader Posyandu, Posbindu, PKK, KPMG, KPM, Bidan Desa, Kepala Dusun, tokoh masyarakat, tokoh agama, guru pengajian dan unsur dari kelompok pemuda.

Baca Juga :   Surati Kepala BPSDM Aceh, KBMA Minta Data Penerima Beasiswa Dibuka ke Publik

Sementara yang menjadi narasumber, hadir Kepala Puskesmas Blangpidie, Enni Marlina SKM, Camat Krisnur SP, Danramil Peltu Ismail Ahmad, Wakapolsek Ipda Hirzon SE, dan Tokoh Agama Tgk Azwir.

Amatan media ini, kegiatan sosialisasi PHBS tersebut berjalan dengan baik berkat atas kerjasama dan kekompakan aparatur Desa, Tuha Peut serta Pendamping Desa baik PD dan PLD. Kegiatan juga turut dihadiri oleh Babinsa dan Babinkamtibmas sebagai mitra Desa.(*)