Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Disdukcapil Abdya Serahkan Dokumen Kependudukan kepada 9 Mualaf di Blangpidie

149
×

Disdukcapil Abdya Serahkan Dokumen Kependudukan kepada 9 Mualaf di Blangpidie

Sebarkan artikel ini
Camat Blangpidie, Krisnur menyerahkan dokumen kependudukan kepada sembilan orang Mualaf di halaman Kantor Camat Blangpidie, Senin (5/9/2022). FOTO: IST

Blangpidie, AcehGlobalnews.com — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyerahkan dokumen kependudukan kepada sembilan orang Mualaf, yang telah memeluk agama Islam di kabupaten setempat.

Penyerahan dokumen kependudukan diterima langsung oleh para mualaf yang diwakili Camat Krisnur SP, bertempat di halaman Kantor Camat Blangpidie, Senin (5/9/2022).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dalam penyerahan dokumen kependudukan itu, turut disaksikan oleh Kadis Dukcapil Abdya, Jamaluddin, Kabag Pemerintahan Setdakab Abdya, Delvan, Kapolsek Blangpidie, Ipda Jarot Hasmoro, dan perwakilan Danramil kecamatan setempat.

Baca Juga :   Pj Bupati Abdya Terima Trophy Proklim Utama dari Menteri LHK RI

Kepala Dinas Dukcapil Abdya Jamaluddin mengatakan, dokumen kependudukan yang diserahkan kepada para mualaf tersebut berupa KTP, KK, KIA dan Akta Kelahiran.

“Saudara kita ini pada 8 Agustus yang lalu memeluk agama Islam di Abdya dengan jumlah tiga Kepala Keluarga,” sebut Jamaluddin.

Sebelum memeluk agama Islam, kata Jamaluddin, para Mualaf asal Nias, Sumatera Utara itu awalnya beragama Kristen Protestan. Setelah mendapatkan hidayah dari Allah, akhirnya mereka memilih Islam sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan.

Baca Juga :   Pemerintah Aceh Salurkan Ragam Bantuan UEP di Aceh Besar

“Jadi, dengan berpindahnya keyakinan saudara-saudara kita ini, maka negara menjamin dan berkewajiban memberikan kepastian hukum kepada mereka, terutama terkait tempat tinggal. Maka, mereka ini sekarang beralamat di Gampong Panton, Kecamatan Blangpidie dan sudah sah secara negara,” jelasnya.

Adapun kesembilan Mualaf asal Nias yang saat ini resmi menjadi Penduduk Abdya tersebut diantaranya, Ramalia LOI, Etiria Lain, Pamri Loi, Naflali Loi, Dalpi Loi, Ediman Sharul Loi, Yardiman Lase, Iman Saleh Loi, dan Marena.

Kesembilan Mualaf tersebut juga saat ini sudah berganti nama Islami, masing-masing yaitu menjadi Ibrahim Loi, Khadijah Laia, Muhamad hafidz Loi, Muhammad Zikra Loi, Muhammad Asrafi Loi, Awaluddin Loi, Marhamah Lase, Iman saleh, serta Siti Akifah.

Baca Juga :   Mopen Hiace Alami Kecelakaan Tunggal, 1 Orang Meninggal Dunia

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, tiga keluarga yang berasal dari Kabupaten Nias, Provinsi Sumut resmi memeluk agama Islam di Desa Panton Raya, Kecamatan Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya).

Prosesi pensyahadatan terhadap tiga keluarga tersebut dipimpin oleh Tgk. Azhar Hasan (MPU Abdya) di Masjid Baitul Qudus Desa Panton Raya, Senin (8/8/2022) yang lalu.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *