Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaHeadlineHukum

Baru 4 Hari Jabat Kapolda Jatim, Irjen Teddy Dicopot Gegara Kasus Narkoba

386
×

Baru 4 Hari Jabat Kapolda Jatim, Irjen Teddy Dicopot Gegara Kasus Narkoba

Sebarkan artikel ini
Irjen Teddy Minahasa (Foto: Polri.go.id)

Jakarta, AcehGlobalNews — Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencopot Irjen Pol Teddy Minahasa dari jabatannya sebagai Kapolda Jawa Timur gegara tersandung kasus narkoba.

Padahal jabatan itu baru empat hari diemban Teddy sejak ditunjuk Kapolri sebagai Kapolda Jatim melalui surat telegram Kapolri Nomor: ST/2134/X/KEP/2022 pada 10 Oktober 2022.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Pemilik nama lengkap Irjen Teddy Minahasa Putra, S.H, S.I.K, M.H itu bahkan sudah tercatat sebagai Kapolda Jatim di Laman Wikipedia dengan topik pencarian ”Irjen Teddy Minahasa.”

Di Wikipedia, Teddy menjadi Kapolda Jatim dengan masa jabatan tersingkat dalam catatan sejarah pengangkatan pejabat perwira polri sebagai Kapolda di Indonesia.

Baca Juga :   Gudang Dinsos Abdya Dibobol Maling, Sejumlah Barang Dilaporkan Raib

Hanya berselang 4 hari sejak surat telegram dari Kapolri turun, pada 14 Oktober, status Irjen Pol Teddy sebagai Kapolda Jatim dibatalkan akibat kasus narkoba yang menjeratnya. Ini menjadikannya Kapolda dengan jabatan tersingkat dan bahkan belum dilantik.

Irjen Pol Teddy sebelumnya menjabat Kapolda Sumatera Barat. Dia kemudian ditunjuk menjadi Kapolda Jawa Timur menggantikan Irjen Pol Nico Afinta yang dimutasi sebagai Staf Ahli Kapolri bidang Sosial Budaya.

Nama Teddy muncul setelah Polda Metro Jaya melakukan penyelidikan satu per satu terhadap tersangka narkoba, hingga Kapolri memerintahkan Div Propam Polri agar segera mengamankan jendral bintang dua itu.

Baca Juga :   Gampong Padang Hilir Susoh kembali Salurkan BLT DD

Irjen Teddy diduga terlibat dalam kasus narkoba usai diumumkan oleh Kapolri pada konferensi pers, Jum’at (14/10/2022) kemarin.

Akibat kasus narkoba itu, Teddy langsung ditetapkan sebagai tersangka. Ia sudah diamankan sejak Selasa (13/10/2022).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan peringatan keras kepada anggota polri agar tidak bermain-main dengan narkoba. Bahkan ia mengatakan, peringatan itu sudah berulang kali disampaikan.

“Terkait dengan masalah pengungkapan kasus narkoba, jadi sudah berkali-kali saya sampaikan kepada seluruh jajaran, bahwa tidak ada yang bermain-main dengan masalah narkoba,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jumat (14/10/2022).

Baca Juga :   Mulai 21-31 Oktober, Jalan Lintas Banda Aceh-Medan Direkayasa

Kesempatan itu, Sigit menekankan pemberantasan narkoba harus betul-betul dilakukan. Sigit menegaskan dirinya akan menindak tegas anggota Polri yang terlibat narkoba, tak peduli pangkatnya apa.

“Yang namanya narkoba harus betul-betul dilakukan pemberantasan. Dan saya sudah sampaikan bahwa siapapun yang terlibat tidak perduli pangkat, jabatannya apa, pasti kita tindak tegas. Karena itu bagian komitmen dari kami untuk melakukan bersih-bersih di institusi Polri,” ungkap Sigit. (*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News