Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Astra Internasional Gelar Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Gampong di Abdya

704
×

Astra Internasional Gelar Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Gampong di Abdya

Sebarkan artikel ini
Para peserta sua foto bersama dengan pemateri pelatihan kewirausahaan berbasis gampong di Proklim Madya KBA Panton Raya, Senin (13/5/2024). Foto: Acehglobal / Salman.

Blangpidie, Acehglobal — Grup Astra Internasional Wilayah Aceh menggelar pelatihan kewirausahaan bagi masyarakat di Desa Panton Raya, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kampung Berseri Astra (KBA) yang disponsori oleh Astra International, Proklim Abdya dan CV. Deputroe Coffee.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kegiatan ini merupakan yang perdana digelar di Abdya, dan dibuka langsung oleh Kabid Lingkungan Hidup Dinas Perkim & LH Abdya, Dewi Marlina, SP., MP, di Aula Kantor Desa setempat, Senin (13/5/2024).

Keuchik Gampong (Kepala Desa) Panton Raya, Bustami, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam mengembangkan usaha.

Baca Juga :   Pemkab Abdya Gelar Upacara Peringatan HUT RI ke-77

“Dengan adanya pelatihan ini, masyarakat lebih percaya diri untuk berwirausaha dan yang dulunya tidak tahu sekarang jadi paham,” ujar Bustami.

Sementara itu, Kabid Lingkungan Hidup Dinas Perkim & LH Abdya, Dewi Marlina menjelaskan bahwa pelatihan kewirausahaan merupakan program Astra Internasional melalui Proklim Madya Panton Raya, sehingga namanya menjadi Kampung Berseri Astra (KBA) Panton Raya.

“Terdapat 4 pilar dalam pelaksanaan program ini yaitu pilar kewirausahaan, pilar kesehatan, pilar lingkungan dan pilar pendidikan,” kata Dewi.

Ia menambahkan tujuan kegiatan pelatihan ini untuk mendorong warga yang memiliki usaha rumah tangga (home industri) agar mempunyai branding atas produk yang dijual mereka.

Baca Juga :   Bank Aceh Syariah Lhokseumawe Bantu Korban Banjir Aceh Utara

“Pelatihan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga dalam mengembangkan usaha mereka, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Desa Panton Raya,” ungkap Dewi.

Astra Internasional mengundang pemateri nasional untuk menyampaikan materi pelatihan kewirausahaan tersebut, yaitu Owner CV. Deputroe Coffee, Dedi Ikhwani, SP.

Pada sesi penyampaian materi, Dedi Ikhwani memaparkan tentang bagaimana cara mempromosikan produk “branding”.

Materi disampaikan secara santai dengan skema PRA (participatory rural appraial) sehingga masyarakat lebih leluasa dalam mengikutinya.

Dedi yang merupakan putra Abdya dan telah mengantongi sertifikat nasional BNSP didapuk sebagai pelatih dan asesor. Tahun 2023, ia juga sebagai salah satu tim perumus SKKNI, KKNI dan RSO Bidang Rumah Minum Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif.

Baca Juga :   Unik, Warga Gampong Guhang Abdya dapat Door Prize Vaksin berupa Mie Kocok

Lebih lanjut Dedi mengatakan, branding adalah proses melakukan komunikasi bisnis untuk memberikan nilai positif dari sebuah produk usaha atau perusahaan.

“Hal paling sederhana yang dapat bapak/ibu ikuti dalam membuka peluang usaha adalah dengan penerapan prinsip ATM (amati tiru dan modifikasi),” jelasnya.

Kegiatan pelatihan kewirausahaan tersebut diikuti 20 lebih peserta yang merupakan warga Desa Panton Raya pemilik usaha home industri yang belum memiliki branding produk. Turut hadir Pendamping Desa dan perangkat Desa setempat. (*)