Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

FEBI UIN Ar Raniry Banda Aceh Gelar Seminar Promosi Produk UMKM

0
×

FEBI UIN Ar Raniry Banda Aceh Gelar Seminar Promosi Produk UMKM

Sebarkan artikel ini

Banda Aceh, Acehglobalnews
Pusat Inkubasi Bisnis (PINBIS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Ar-Raniry Banda Aceh menggelar seminar tentang promosi produk UMKM yang berlangsung di kampus setempat, Kamis (10/11/2022).

Seminar yang bertajuk “Pengenalan canva bagi mahasiswa dalam mempromosikan produk UMKM” itu dibuka langsung oleh Wakil Dekan I FEBI UIN Ar Raniry Banda Aceh, Dr. Fithriady, Lc, MA.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kegiatan seminar tersebut dibagi dalam waktu dua sesi. Sesi pertama, dimulai pukul 08.00-12.00 WIB. Sementara sesi kedua pukul 12.00-15.45 WIB.

Baca Juga :   Jadikan Peringatan Israk Mikraj 1443 H Sebagai Momentum Evaluasi Diri

Acara seminar ini diikuti oleh 50 orang mahasiswa. Selain itu, juga turut hadir para dosen FEBI UIN Ar Raniry Banda Aceh sebagai peserta.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan I FEBI UIN Ar Raniry, Dr. Fitryadi, Lc. MA, mengajak para mahasiswa untuk memanfaatkan teknologi informasi dengan menjadikan media sosial (medsos) sebagai peluang dalam mengumpulkan pundi-pundi rupiah melalui platform canva.

“Tidak hanya menambah pundi-pundi rupiah tapi juga menambah soft skill,” ajak Fithriady di hadapan mahasiswa yang mengikuti seminar.

Kegiatan seminar tersebut di isi oleh pemateri dari Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, yaitu Fathayatul Husna, S. IKom,.MA, dengan moderator acara Isnaliana, S.HI,.MA.

Baca Juga :   PC Pergunu Kota Langsa Gelar Seminar Karya Tulis Ilmiah, Diikuti 153 Guru dari Berbagai Jenjang

Pada sesi pertama, Fathayatul Husna menyampaikan tentang pentingnya pemasaran suatu produk dengan memanfaatkan media yang ada.

Dia mengatakan, pada zaman sekarang media sosial adalah salah satu cara yang ampuh dalam memperkenalkan sebuah produk UMKM kepada masyarakat luas. “Karena sekarang ini, tidak zaman lagi mempromosikan suatu produk usaha itu dari mulut ke mulut,” ujarnya.

Dengan tersedianya berbagai macam platform canva dapat dijadikan sebagai media untuk mempromosikan produk melalui desain-desain yang menarik baik dalam bentuk video, maupun gambar dan lain-lain sebagainya.

“Pada platform canva, pemilihan warna, huruf dan frame yang unik akan menambah nilai dalam mempromosikan suatu produk,” jelas Fhatayatul.

Baca Juga :   200 Aktivis Anak di Blangpidie Abdya Ikuti Sosialisasi PATBM

Selanjutnya, pada sesi kedua seminar tersebut, para mahasiswa dibekali tentang praktik langsung terhadap penggunaan platform canva. Pada sesi ini, mahasiswa terlihat sangat antusias dalam mendesain canva dengan menggunakan perangkat laptop dan handphone.

Sesi terakhir ini juga dilengkapi dengan pemberian hadiah kepada tiga peserta terbaik dalam mendesain poster melalui aplikasi canva dan satu peserta favorit.

Turut hadir dalam kegiatan seminar tersebut, Ketua Panitia PINBIS FEBI UIN Ar Raniry, Muhammad Balyan, serta Isnaliana, S.HI,.MA selaku perwakilan pengurus PINBIS. (*)