Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Gubernur Aceh Dorong Generasi Muda Manfaatkan Kelapa Sawit untuk Tingkatkan Penghasilan

460
×

Gubernur Aceh Dorong Generasi Muda Manfaatkan Kelapa Sawit untuk Tingkatkan Penghasilan

Sebarkan artikel ini
Gubernur Aceh saat memberikan sambutan pada acara Launching Kemitraan UKMK Pemuda Berbasis Sawit. (Foto/Ist)

GLOBAL BANDA ACEH – Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mendorong generasi muda untuk memanfaatkan potensi komoditas kelapa sawit yang ada di Aceh sebagai sumber peningkatan pendapatan atau penghasilan.

Menurut Nova, kelapa sawit mempunyai nilai ekonomi yang sangat tinggi dari berbagai produk turunannya.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Hal itu dikatakan Nova Iriansyah pada acara Launching Kemitraan Usaha Kecil Menengah Dan Koperasi (UKMK) Pemuda Berbasis Sawit di Kawasan Barat Selatan Provinsi Aceh, yang digelar virtual, Selasa, (8/3/2022).

“Maka diperlukan berbagai upaya dan inovasi agar nilai ekonomi dari pemanfaatan komoditas unggulan ini beserta turunannya, dapat dinikmati oleh masyarakat banyak,” ujarnya.

Baca Juga :   Gubernur Nova Dukung Penuh Aceh jadi Tuan Rumah HPN 2023

Nova mengapresiasi Civitas Akademika Universitas Teuku Umar dan seluruh jajaran Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atas jalinan kerjasama yang dilakukan, dalam rangka membangun Kemitraan Usaha Kecil Menengah dan Koperasi (UKMK) Pemuda Berbasis Sawit di Kawasan Barat Selatan Provinsi Aceh.

Ia mengatakan, program tersebut merupakan suatu langkah yang sangat penting dalam membentuk pemuda yang andal dalam memanfaatkan potensi kelapa sawit.

Nova mengatakan, sektor Usaha Kecil Menengah dan Koperasi (UKMK) merupakan suatu sektor unggulan dan menjadi tumpuan dalam pembangunan Aceh.

Baca Juga :   Profesor Marwan Dilantik sebagai Rektor Unsyiah, Gubernur Aceh Ucapkan Selamat

Ia mendukung sepenuhnya pemilihan Kawasan Barat Selatan Provinsi Aceh, sebagai lokasi pengembangan Kemitraan Usaha Kecil Menengah dan Koperasi (UKMK) Pemuda berbasis Sawit. Sebab, wilayah Pantai Barat dan Selatan Aceh merupakan kawasan dengan luasan perkebunan Kelapa sawit yang sangat besar di Aceh.

“Harapan kami, semoga upaya yang sangat baik ini benar-benar berpengaruh dan dapat memberikan kontribusi yang signifikan kepada peningkatan pendapatan masyarakat dan pembukaan lapangan pekerjaan khususnya bagi para pemuda,” harap Nova.

Baca Juga :   Gubernur Aceh Minta Pemerintah Pusat Perpanjang Dana Otsus

Sementara itu, Rektor Universitas Teuku Umar (UTU), Prof. Jasman Ma’ruf menyampaikan terimakasih atas peran Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit yang telah menjalin kerja sama dengan pihaknya untuk membina para pemuda pelaku UKMK di bidang kelapa sawit.

Jasman mengatakan, Aceh merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki potensi kelapa sawit yang begitu besar. Ia berharap pembinaan yang diberikan kepada pemuda pelaku UKMK dapat menjadi pengusaha yang sukses di bidang budidaya kelapa sawit. (*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News