Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Pemkab Abdya Tetapkan Hari Meugang Idulfitri 1445 H Selasa 9 April

163
×

Pemkab Abdya Tetapkan Hari Meugang Idulfitri 1445 H Selasa 9 April

Sebarkan artikel ini
Pedagang menjual daging meugang di salah satu lokasi di Kecamatan Blangpidie, Abdya. (Foto: Agn/Salman)

Blangpidie, Acehglobal – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Pemkab Abdya) melalui Surat Edaran (SE) Bupati Abdya Nomor 450/430, tertanggal 05 April 2024, resmi menetapkan hari Meugang Idulfitri 1445 Hijriah / 2024 Masehi.

SE yang ditandatangani Pj Bupati Abdya, Darmansah, tersebut ditujukan kepada para Camat dalam wilayah kabupaten Abdya.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Berdasarkan SE tersebut, pelaksanaan hari Meugang Idulfitri 1445 Hijriah tahun ini ditetapkan pada Selasa, 9 April 2024.

Demi kelancaran dan ketertiban, SE tersebut juga mengatur beberapa hal terkait penjualan daging Meugang, antara lain penjualan daging Meugang dianjurkan di tempat yang aman, bersih, dan tidak mengganggu arus lalu lintas.

Baca Juga :   Bupati Aceh Utara Dorong BUMG Kembangkan Usaha yang bisa Dongkrak PAG

Selain itu, ternak yang dipotong harus sehat dan bebas dari penyakit menular, dibuktikan dengan Surat Kir Kesehatan Ternak dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Abdya.

Bagi Gampong atau masyarakat yang melaksanakan pemotongan ternak diharuskan kepada Camat untuk melaksanakan pemantauan dan bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten setempat.

Baca Juga :   Pemkab Abdya Buka Seleksi Komisioner Baitul Mal, Ini Kriteria dan Syaratnya

Sementara itu, untuk penetapan 1 Syawal / Hari Raya Idulfitri 1445 H, Pemkab Abdya akan mengikuti keputusan Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Agama Republik Indonesia.

Di akhir petikan SE tersebut, Pj Bupati Abdya menginstruksikan kepada para Camat Se Abdya untuk dapat menginformasikan SE tersebut kepada seluruh masyarakat di wilayah kerja masing-masing.(*)

Surat Edaran (SE) Bupati Abdya Nomor 450/430, tertanggal 05 April 2024, resmi menetapkan hari Meugang Idulfitri 1445 Hijriah / 2024 Masehi pada Selasa 9 April 2024.