Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Urai Kemacetan saat Arus Balik, Ditlantas Polda Aceh Terapkan One Way

316
×

Urai Kemacetan saat Arus Balik, Ditlantas Polda Aceh Terapkan One Way

Sebarkan artikel ini
Personel Satlantas sedang menertibkan arus lalulintas mudik dan balik libur lebaran Idul Fitri 1443 H. (Dok. Humas Polda Aceh)

GLOBAL BANDA ACEH – Kebijakan pemerintah yang memberikan kelonggaran mudik pada lebaran tahun 2022 secara tidak langsung dapat meransang antusiasme masyarakat untuk pulang ke kampung halaman setelah dua tahun menahan diri akibat pandemi.

Akbibatnya, volume arus kendaraan pun meningkat. Hingga hampir seluruh ruas jalan di Aceh padat bahkan macet.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Volume kendaraan arus mudik dan balik pada hari raya Idul Fitri tahun 2022 sangat tinggi jika dibandingkan tahun 2020 dan 2021,” kata Dirlantas Polda Aceh, Kombes Dicky Sondani, Minggu (8/5/2022).

Menurutnya, kondisi tersebut tidak seimbang dengan kapasitas dan ruas jalan yang ada, sehingga dapat menghambat atau memperparah arus lalu lintas, terutama saat arus balik.

Baca Juga :   Jelang Meugang, Harga Daging di Abdya Rp 200 Ribu Per Kilo

Belum lagi, sambung Dicky, jembatan atau jalan yang masih dalam perbaikan. pasti akan sangat berdampak pada saat arus lalu lintas baik saat arus mudik maupun balik.

Oleh karena itu, kata Dicky, memakai one way atau buka tutup jalan untuk mengurai kemacetan di beberapa ruas jalan lintas padat kendaraan, seperti di jalur timur, jalur barat, dan jalur tengah.

Baca Juga :   Pastikan Libur Lebaran Warga Kondusif, Kapolres Aceh Barat Tinjau Objek Wisata

“Kita akan menerapkan buka tutup jalan di jalur yang dianggap macet. Masyarakat harap mengikuti dari petugas agar arus lalu lintas lancar saat arus balik,” ujar Dicky. (*)