Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaKuliner

7 Tips Mencari Makan di Lokasi Objek Wisata Agar Dompet Tetap Aman

495
×

7 Tips Mencari Makan di Lokasi Objek Wisata Agar Dompet Tetap Aman

Sebarkan artikel ini
Salah satu tempat istirahat dan makan di tempat wisata Pulau Weh Sabang, Aceh (Dok. Siti Hanum)

ACEHGLOBALNEWS.Com – Sudah menjadi hal lumrah di sebuah tempat objek wisata yang menyediakan apa pun harganya pasti lebih mahal dari biasanya, termasuk makanan.

Tak jarang beberapa wisatawan harus mengalami nasib sial saat disodorkan harga makanan di lokasi objek wisata yang dikunjunginya terlalu mahal.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Melansir jurnal soreang, Selasa (11/1/2022), untuk menghindari hal itu, ada baiknya kita mempertimbangkan dan melakukan tips-tips berikut saat sedang mencari makan di tempat objek wisata.

1. Jangan malu menanyakan harga terlebih dulu.

Ini merupakan cara paling efektif supaya kita tidak merasa terjebak saat makan di daerah wisata. Cara ini bisa dilakukan dengan berbasa-basi menanyakan menu yang tersedia.

Baca Juga :   Bupati Aceh Utara Dorong BUMG Kembangkan Usaha yang bisa Dongkrak PAG

Sembari tanya menu, sekalian tanya harga dan paket yang bisa didapat. Kalau harganya terasa tidak masuk akal, mungkin kita bisa beralasan bahwa menu yang dicari tidak tersedia.

Dengan begitu kita bisa terhindar dari pedagang nakal yang tiba-tiba memberi struk bayar dengan harga jauh di atas batas kewajaran.

2. Pilih tempat makan yang ramai pengunjung.

Tempat makan yang ramai biasanya menjadi salah satu tanda bahwa makanannya enak dan harganya cukup terjangkau sehingga banyak orang yang mampir ke sana.

3. Cari referensi yang direkomendasikan banyak orang dari dari internet.

Selain mengetahui reputasi tempat makan berdasarkan pengalaman pengunjung sebelumnya, kita juga bisa tahu fasilitas apa saja yang disediakan penjual.

Baca Juga :   Tiga Terduga Pelaku Ilegal Logging di Bener Meriah Ditangkap Polisi

Penilaian pengunjung bisa menjadi pertimbangan untuk mencoba makanan yang direkomendasikan, bahkan bisa mendapat bocoran tentang rasa, harga serta pelayanan di tempat makan tersebut.

4. Tanya Teman yang Orang Lokal

Orang lokal biasanya hafal mengenai kuliner rekomendasi di tempat mereka. Jika bisa, tanyalah teman yang memang suka mengeksplorasi makanan.

5. Sebisa mungkin gunakan bahasa dengan logat orang lokal.

Tidak bisa dipungkiri bahwa wisatawan luar kota dianggap orang yang berduit dan bisa dimanfaatkan oleh oknum pedagang nakal, serta jangan lupa sapa penjual dengan akrab, tidak apa-apa sok kenal daripada kena harga mahal.

6. Pilih tempat makan yang bersih.

Dari semuanya, hal yang tidak boleh dilupakan adalah aspek kebersihan. Pilihan tempat makan yang bersih dan higienis, kalau perlu perhatikan bagaimana tampilan dan cara penyajian para penjual makanan yang hendak Anda cicipi.

Baca Juga :   Gampong Lhung Asan Abdya Salurkan BLT November, Warga Ambil Bantuan Perlihatkan Bukti Vaksin

Jika ragu-ragu atas suatu tempat, Anda dapat memilih minuman kemasan sebagai pendamping makanan.

7. Bawa bekal makan dan cemilan sendiri.

Saat berkeliling di sebuah tempat baru, belum tentu kita akan mudah mendapati toko makanan atau warung makan.

Agar terhindar dari sulitnya mencari makanan di tempat wisata atau khawatir harganya sangat mahal, tidak ada salahnya membawa bekal atau camilan di tas.

Meski mungkin beberapa orang akan berpikir cara ini akan ribet, tapi ini yang cara yang lebih aman. (*)