Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Berkat Dana Desa, Warga Cot Jeurat Inovasi Rakit Penyebrangan Sungai Akses Petani ke Kebun

241
×

Berkat Dana Desa, Warga Cot Jeurat Inovasi Rakit Penyebrangan Sungai Akses Petani ke Kebun

Sebarkan artikel ini
Sebagian warga menguji penggunaan rakit penyebrangan sungai di gampong Cot Jeurat. Turut hadir Anggota DPRK Abdya, Julinardi dan Pendamping Desa. Foto direkam pada Selasa (18/10/2022) lalu. (Foto: AGN/Sal)

Blangpidie, AcehGlobalnews.com — Kreatifitas warga Gampong Cot Jeurat, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), patut diacungi jempol.

Pasalnya, warga yang didominasi oleh petani kebun itu menginovasi sebuah alat transportasi penyebrangan sungai berupa satu unit rakit menuju ke lahan perkebunan mereka.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Keuchik Gampong Cot Jeurat, Syarifuddin mengatakan, pembuatan rakit tersebut bersumber dari Dana Desa yang dianggarkan dalam APBG Tahun Anggaran 2022 melalui program ketahanan pangan.

“Rakit ini kita programkan dari dana desa melalui kegiatan ketahanan pangan untuk menjawab keluhan masyarakat petani yang selama ini menggantungkan ekonomi rumah tangga mereka dari hasil bertani kebun di seberang sungai,” ujar Syarifuddin kepada AcehGlobalnews, Jum’at (21/10/2022).

Baca Juga :   100 Kepala Keluarga di Gampong Cot Jeurat Terima BLT DD September

Ia menjelaskan, sebelumnya warga menyebrang sungai dengan lebar kurang lebih 50 meter itu menggunakan rakit dari bambu. Rakit bambu itu sudah tidak layak pakai lagi, karena sudah rapuh dan usang termakan air.

“Apalagi disaat-saat tertentu arus sungai sedang deras, menggunakan rakit bambu sebagai alat transportasi petani ke kebun sangat tidak aman, dan dapat mengancam keselamatan mereka,” ungkap Syarifuddin yang didampingi Sekdes, Firdaus dan Kaur Perencanaan, Aan Aidil Mirza.

Baca Juga :   Warga Gampong Cot Jeurat Blangpidie Terima BLT DD Sembari Lakukan Vaksinasi Covid-19

Pria yang akrab disapa Udin ini juga mengatakan, rakit penyebrangan sungai ini merupakan satu-satunya alat transportasi yang digunakan warga menuju ke lahan perkebunan masyarakat.

Dengan adanya rakit berbahan besi permanen tersebut, maka ia berharap dapat menunjang akses transportasi petani ke lahan pertanian sehingga menjadi lebih mudah dan nyaman.

“Selain itu, dengan adanya rakit ini masyarakat yang bertani di lahan pertanian di seberang sungai juga dapat mengangkut hasil pertanian mereka dengan aman, cepat dan mudah,” tambahnya.

Udin mengajak kepada seluruh masyarakat agar bersama-sama bisa menjaga dan memelihara dengan baik rakit tersebut, sebab katanya rakit itu kini telah menjadi aset desa dan juga milik bersama bagi masyarakat gampong Cot Jeurat.

Baca Juga :   Jembatan Tua di Gampong Cot Jeurat Abdya Butuh Sentuhan Pemerintah

Informasi yang diperoleh AcehGlobalnews, sebelum rakit penyeberangan sungai itu digunakan, pihak pemerintah Gampong Cot Jeurat berencana akan mengundang Pj Bupati Abdya, H Darmansah, S.Pd MM guna meresmikan penggunaan alat transportasi warga tersebut.

“Iya rencananya jika tidak ada halangan, kita bersama masyarakat meminta kehadiran bapak Pj Bupati Abdya untuk meresmikan penggunaan rakit ini oleh masyarakat. Dan juga mengundang pihak Muspika Kecamatan Blangpidie. Mudah-mudahan Pak Bupati bisa menyempatkan waktunya berhadir,” pinta Keuchik Udin. (*)