Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

“Ekspedisi Rupiah Berdaulat” KRI Cut Nyak Dien Tiba di Pelabuhan Kargo Simeulue

265
×

“Ekspedisi Rupiah Berdaulat” KRI Cut Nyak Dien Tiba di Pelabuhan Kargo Simeulue

Sebarkan artikel ini
KRI Cut Nyak Dien tiba di Pelabuhan Kargo Sinabang. Foto: Acehglobal/Ist.

SIMEULUE – Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Cut Nyak Dien-375 yang dipimpin Letkol Laut (P) Arry Hendrawan, tiba di Pelabuhan Kargo Sinabang, Kabupaten Simeulue, pada Selasa 2 September 2023 sekitar pukul 09.30 WIB.

Bersandarnya kapal tersebut di Sinabang dalam hal “Ekspedisi Rupiah Berdaulat” TNI-AL, bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI). Mereka akan menyalurkan uang-uang baru ke daerah 3T (Terluar, Terdepan, Terpencil).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Komandan KRI Cut Nyak Dien-375 Letkol Laut (P) Arry Hendrawan, mengatakan TNI AL dengan Bank Indonesia memiliki kerja sama untuk menyalurkan uang-uang baru ke daerah 3T. Ekspedisi itu sifatnya berkelanjutan di setiap tahun.

Baca Juga :   Relawan Jumat Berkah Abdya Bantu Janda Miskin Beli Tanah Warisan

“Pada tahun ini rute eskspedisi dimulai dari Pulau Sabang, Pulau Nasi, Pulau Beruk, dan saat ini Pulau Simeulue,” katanya, Rabu (13/9/2023) kepada wartawan.

Asisten Manager sekaligus sebagai Ketua Rombongan Bank Indonesia I, Putu Gede Pranama, mengungkapkan bahwa peran BI di ekspedisi ini untuk membuka layanan penukaran uang rupiah dengan nominal yang telah disiapkan lebih dari Rp 3 miliar serta memberikan bantuan PSBI (Program Sosial Bank Indonesia).

Baca Juga :   Forum Mahasiswa Pelajar Blangpidie Serahkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Abdya

Katanya, bantuan berupa genset, sembako, Al-Quran, kesehatan, serta bantuan kepada sekolah-sekolah. “Bantuan tersebut merupakan hasil survey dari pihak yang membantu di pulau yang akan dituju sebelum ekspedisi ini dilaksanakan,” ujar Putu Gede Pranama.

Sementara itu, Komandan Pangkalan TNI-AL (Danlanal) Simeulue, Letkol Laut (P) Dwi Herdian Saputra, yang diwakili Pjs Palaksa Kapten Laut (PM) Eko Wahyudi pada kegiatan tersebut menerangkan bahwa sangat mengapresiasi atas kedatangan KRI CND – 375.

Baca Juga :   BMA dan BMG Kayee Jatoe Sembelih 35 Ekor Kibas Bantuan BAZNAS RI Di Pidie

Menurutnya, selain melaksanakan misi Ekspedisi Rupiah Berdaulat, KRI juga dapat sebagai wahana pengenalan masyarakat dan generasi bangsa untuk mengenal lebih dekat dengan TNI Angkatan Laut.

“Openship diadakan untuk masyarakat  Kabupaten Simeulue di hari Rabu 13 September 2023,” sebut Kapten Laut, Eko.(*)

Editor: Salman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *