Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaPendidikan

Kadin Pidie Teken MOU dengan Konsorsium Pendidikan Vokasi Aceh dan DUDI

607
×

Kadin Pidie Teken MOU dengan Konsorsium Pendidikan Vokasi Aceh dan DUDI

Sebarkan artikel ini

Sigli, Acehglobal — Pemerintah Kabupaten Pidie bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Pidie menggelar penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Konsorsium Pendidikan Tinggi Vokasi Aceh dan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) di Oproom Setdakab Pidie, Jumat (22/12/2023).

Penandatanganan MoU ini merupakan upaya untuk memperkuat ekosistem kemitraan vokasi di Kabupaten Pidie. Tujuannya untuk meningkatkan akses, mutu, dan relevansi penyelenggaraan pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Selain itu, MoU ini juga bertujuan untuk membekali sumber daya manusia (SDM) vokasi dengan kompetensi yang dibutuhkan untuk bekerja dan/atau berwirausaha.

Penandatanganan MoU ini dihadiri oleh Pj. Bupati Pidie Ir. Wahyudi Adisiswanto, M.Si, Ketua Kadin Pidie Muhammad Junaidi, SP, Ketua Konsorsium Pendidikan Tinggi Vokasi Aceh Ir. Rizal Syahyadi, ST. M.Eng.Sc, Wakil Ketua Umum Kadin Aceh Bidang Vokasi dan Sertifikasi Teuku Jailani, SE, serta mitra MoU lainnya.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Pidie menyampaikan apresiasi kepada Kadin Pidie yang telah menginisiasi MoU ini. Ia juga berharap MoU ini dapat mewujudkan komitmen bersama dalam rangka kerja nyata mendukung Program Penguatan Ekositem Kemitraan untuk pengembangan Inovasi Berbasis Daerah baik di tingkat Provinsi Aceh maupun Kabupaten Pidie khususnya.

Sementara itu, Ketua Kadin Pidie Muhammad Junaidi, SP menyampaikan bahwa MoU ini merupakan langkah awal bagi Kadin Pidie untuk berkolaborasi dengan Konsorsium Pendidikan Tinggi Vokasi Aceh dan Stakeholders lainnya untuk memperkuat ekosistem kemitraan vokasi Aceh.

Ia juga menjelaskan bahwa Kabupaten Pidie merupakan Kabupaten/Kota pertama di Aceh yang membentuk Tim Koordinasi Vokasi Daerah.

Ketua Konsorsium Pendidikan Tinggi Vokasi Aceh Ir. Rizal Syahyadi, ST. M.Eng.Sc menyampaikan bahwa kolaborasi adalah kunci sukses untuk menguatkan Ekosistem Kemitraan Vokasi di Pidie dan di Aceh.

Ia juga berharap MoU ini dapat menjadi awal yang baik untuk beregerak bersama dalam rangka menyiapkan SDM vokasi yang unggul, sehingga mampu menumbuhkan inovasi berbasis potensi daerah.

Acara yang di pandu oleh Ir. Muhammad Hatta, SST. MT Koordinator Humas dan Kerjasama PNL yang juga Ketua Forum Humas Politeknik Negeri Se Indonesia melibatkan mitra MoU sebanyak 43 mitra diantaranya Kadin Pidie, PNL, Politeknik Aceh, Politeknik Aceh Selatan, PT. Berkat Mitra Pertamina, PT Niaga Gas, PT Polada Mutiara Aceh, PT Lhoeh Raya Perkasa, PT Sanggeu Indah Permai, PT Berkat Mitra Mulia, PT Suman Toko dan Suman Mart Swalayan, Galon Hotel, Koperasi Jasa Al Izzah Berkat, Perhimpunan Jasa Penyelenggara Jasaboga Indonesia Kabupaten Pidie, 13 SMK, LKP dan LPK dalam Kabupaten Pidie. (*)

Editor : Salman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *