Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

LAZISMU Kuala Batee Timur Kembali Salurkan Zakat kepada Fakir Miskin

279
×

LAZISMU Kuala Batee Timur Kembali Salurkan Zakat kepada Fakir Miskin

Sebarkan artikel ini
LAZISMU Kuala Batee Timur, Kabupaten Abdya, kembali menyalurkan zakat kepada warga fakir dan miskin di wilayah setempat, Kamis (13/4/2023). Foto Salman/Acehglobalnews

“Di tahun ini ada 238 orang yang menerima zakat dari Lazismu Kuala Batee Timur untuk enam gampong yaitu, Alue Pade, Blang Panyang, Muka Blang, Padang Sikabu, Lhok Gajah, dan Krueng Batee,” jelas Abdul Kahar.

BLANGPIDIE – Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Kuala Batee Timur, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kembali menyalurkan zakat kepada ratusan warga fakir dan miskin di daerah setempat.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Pembagian zakat tersebut berlangsung di Gampong Muka Blang, Kecamatan Kuala Batee, tepatnya di halaman Masjid At-Taqwa setempat Kamis, (13/4/2023).

Ketua Lazismu Kuala Batee Timur Hasbi Is, dalam sambutannya mengatakan, penyaluran zakat tersebut akan dibagikan di enam gampong dalam daerah setempat.

“Di tahun ini ada 238 orang yang menerima zakat dari Lazismu Kuala Batee Timur untuk enam gampong yaitu, Alue Pade, Blang Panyang, Muka Blang, Padang Sikabu, Lhok Gajah, dan Krueng Batee,” jelasnya.

Untuk penyalurannya, lanjut Hasbi, dibagikan pihaknya secara tunai. Beda dari tahun sebelumnya, karena tahun ini pendapat zakat menurut.

“Kalau tahun lalu yang menyalurkan zakat termasuk banyak mencapai Rp 100 juta lebih, tahun ini lebih kurang Rp 94 juta, yang bersumber dari zakat profesi, dagang, pertanian, seperti padi, sawit, dan hasil kebun. Dari masing-masing desa,” sebut Hasbi.

Adapun jumlah mustahiq yang menerima manfaat zakat dari Lazismu, lanjutnya, terdiri dari. Fakir sebanyak 50 orang, miskin 131 orang, dan santri 16 orang.

“Untuk sabilillah terdiri dari, guru TPA 4 orang, da’i/khatib 10 orang, kemudian imam mesjid dan meunasah, serta tengku sagoe 10 orang, selanjutnya khodam dan muazzim mesjid 8 orang, dan guru MAS Kuala Batee sebanyak 9 orang,” rincinya.

Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kuala Batee Timur Abdul Kahar, S.Pd.I, M.Pd.I mengatakan, kegiatan ini salah satu bentuk keseriusan pihaknya dalam menyalurkan zakat kepada yang berhak menerima.

Sebagaimana diketahui bersama lanjutnya. Bahwa, makin hari angkat pakir dan miskin semakin bertambah, lantaran belum dilakukan pemberdayaan di masing-masing desa.

Oleh karena itu Abdul Kahar mengajak semua semua masyarakat dan pemerintah desa se-Kuala Batee Timur untuk sama-sama memajukan amal usaha Muhammadiyah.

“Jika amal usaha Muhammadiyah kita maju, tentu pendapat zakat yang akan terkumpulkan nanti meningkat, dan sudah pasti yang menerima manfaatnya juga meningkat,” jelas Abdul Kahar.

Ia juga mengajak para penerima manfaat zakat tersebut, untuk mendoakan kepada muzakki agar diberi keberkahan umur dan selalu dimudahkan rezeki oleh Allah SWT.

“Kami sebagai pengurus PCM Kuala Batee Timur, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah menyalurkan zakat kepada Lazismu, semoga apa yang kita laksanakan pada hari ini diberkahi oleh Allah SWT, dan semoga di tahun depan kita bisa kembali menyalurkan zakat untuk saudara kita yang membutuhkan,” tutupnya. (*)

Editor : Salman

Baca Juga :   Road Show Akhir Tahun, Rakan Wartawan Aceh Silaturahmi dengan Kapolres Aceh Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *