Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

LPQ Ash-Shabr Pantai Perak Susoh Sukses Gelar Tahfidz Camp ke-3

494
×

LPQ Ash-Shabr Pantai Perak Susoh Sukses Gelar Tahfidz Camp ke-3

Sebarkan artikel ini
Para santri LPQ Ash-Shabr bersua foto sembari memperlihatkan sertifikat penghargaan atas pencapaian target hafalan selama kegiatan Tahfidz Camp ke-3, di Keniyo Cafe and Resto, Susoh, Senin (1/4/2024). (Foto: Acehglobal / Ist)

Blangpidie, Acehglobal — Lembaga Pendidikan Quran (LPQ) Ash-Shabr Pantai Perak, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sukses menggelar kegiatan Tahfidz Camp ke-3 di bulan Ramadhan 1445 Hijriah / 2024 Masehi.

Kegiatan yang berlangsung selama 20 hari sejak 13 Maret – 1 April 2024 ini diikuti oleh 96 peserta dengan berbagai kategori, yaitu Iqra, Tahfidz, dan Murajaah.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Para peserta digembleng untuk menghafal Al-Qur’an dengan bimbingan para ustadz dan ustadzah yang kompeten.

Kegiatan Tahfidz Camp ke-3 LPQ Ash-Shabr ini resmi ditutup pada Senin (1/4/2024) di Keniyo Cafe and Resto, Susoh.

Acara ini mengusung tema “Menyelami Keberkahan Ramadhan Bersama Generasi Qurani”.

Ketua Yayasan Bahtera Nuh Atjeh, Ustad Junaidi, selaku ketua pelaksana Tahfidz Camp – 3, menyampaikan rasa syukur atas kelancaran acara ini.

“Dengan berakhirnya kegiatan Tahfidz Camp – 3 ini bukan berarti interaksi dengan Al-Qur’an juga berakhir. Kami berharap para peserta tetap melanjutkan kegiatan-kegiatan baik yang dilakukan selama Tahfidz Camp,” pesan Junaidi.

Baca Juga :   Momentum HUT ke 78 RI, Srikandi Partai Nasdem Abdya Gelar Berbagai Lomba

Pria yang akrab disapa Abu Thoha ini menyampaikan terima kasih kepada para peserta Tahfidz Camp ke-3 baik kelas Iqra, Tahfidz dan Muraja’ah yang telah mengikuti dan berusaha maksimal untuk mencapai target hafalan Al Qur’an.

“Selamat untuk yang telah mencapai target dan bagi yang belum jangan berkecil hati karena perjuangan dengan Al Qur’an masih tetap berlanjut. Semoga Allah menerima usaha yang telah kita lakukan,” ucapnya.

Abu Thoha juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para muhsinin atau donatur yang telah memberikan sumbangsihnya dalam bentuk uang maupun barang untuk pembagian takjil kepada para santri Tahfidz sejak awal pembukaan hingga akhir acara penutupan Tahfidz Champ III ini.

“Perjuangan bapak ibu, santri dan panitia, serta tim pendukung lainnya semoga Allah balas dengan kebaikan,” ujarnya.

Sementara itu, Keuchik Gampong Pante Perak, Musliadi, yang turut hadir dalam acara ini, menyatakan dukungannya terhadap program Tahfidz Camp LPQ Ash-Shabr.

Baca Juga :   Sebelum Didistribusikan, Forkopimcam Blangpidie Cek Kelengkapan Logistik Pilchiksung

“Aparatur dan masyarakat kampung sangat senang dan mendukung kegiatan program Tahfidz Camp yang ada di Gampong Pantai Perak. Semoga menjadi contoh juga bagi TPA lainnya,” kata Musliadi.

Acara penutupan dimeriahkan dengan pembagian sertifikat, cendramata serta hadiah istimewa bagi seluruh peserta yang menyelesaikan hafalannya dan mencapai target.

Adapun mekanisme penentuan para peserta yang dinyatakan ‘mencapai target selama 20 hari kegiatan’ adalah dengan menyelesaikan hafalan sebanyak 20 halaman untuk kategori tahfidz ziyadah dan tahsin tahfidz murojaah. Serta menyelesaikan hafalan sebanyak 10 halaman untuk kategori tahsin ziyadah. Dengan begitu, jumlah keseluruhan yang akan diberikan penghargaan dan hadiah adalah sebanyak 45 peserta dari 96 jumlah keseluruhan peserta yang mengikuti kegiatan.

Ustadz Abdul Hanif, salah seorang pengajar kelas Tahfidz At Taibah, yang juga merupakan bagian dari Yayasan Bahtera Nuh Atjeh, memberikan tausiah dalam acara tersebut.

Baca Juga :   Aceh Selatan Kembali Rebut Juara Umum PKA 8

“Kedudukan yang bertingkat-tingkat di surga nanti tergantung dari banyaknya hafalan seseorang di dunia dan bukan tergantung pada banyak bacaannya saat ini, sebagaimana hal ini banyak disalahpahami banyak orang. Inilah keutamaan yang nampak bagi seorang yang menghafalkan Al-Qur’an, namun dengan syarat hal ini dilakukan untuk mengharap wajah Allah semata dan bukan untuk mengharapkan dunia,” papar Ustadz Abdul Hanif.

Acara ditutup dengan buka puasa bersama seluruh peserta dan undangan.

Tentang LPQ Ash-Shabr Pantai Perak Susoh

LPQ Ash-Shabr Pantai Perak Susoh adalah sebuah lembaga pendidikan Al-Qur’an yang berlokasi di Gampong Pantai Perak, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya. LPQ ini didirikan pada tahun 2021 dengan tujuan untuk membina generasi muda yang cinta Al-Qur’an dan mampu menghafalnya dengan baik.

LPQ Ash-Shabr Pantai Perak Susoh telah menyelenggarakan berbagai kegiatan, termasuk Tahfidz Camp, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para santri dalam menghafal Al-Qur’an. (*)