Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaHeadlinePeristiwa

Sempat Hilang usai Terbakar, Awak KM Area Purnama Ditemukan Meninggal

174
×

Sempat Hilang usai Terbakar, Awak KM Area Purnama Ditemukan Meninggal

Sebarkan artikel ini
KM Area Purnama ketika dilakukan pemadaman api oleh petugas pemadam kebakaran di PPI Sawang Ba'u, Kecamatan Sawang, Aceh Selatan, Rabu (1/6/2022). IST

Ikbal (40), Salah seorang Tenaga mesinis Kapal Motor (KM)/Boat Area Purnama yang terbakar di kolam Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Sawang Ba’u, Kecamatan Sawang, Aceh Selatan, ditemukan dalam kondisi telah meninggal dunia, Rabu (1/6/2022).

“Setelah api dipadamkan, tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, petugas Damkar, dan masyarakat mencari saudara Ikbal. Ia ditemukan telah meninggal dunia dalam dek boat dekat tangki minyak,” kata salah seorang warga yang ikut menyaksikan proses evakuasi korban.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Ia mengatakan saat ini korban sudah dievakuasi dari dalam dek boat dengan kondisi hangus terbakar. “Korban sudah dilarikan ke Puskesmas Sawang,” sebut warga tersebut.

Baca Juga :   Breaking News: KM Area Purnama Terbakar di Kolam Labuh TPI Sawang Ba'u

Informasi yang diperoleh, Ikbal merupakan warga Gampong Ujung Padang, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan.

Kronologis Kebakaran

Sebagaimana diberitakan, satu unit boat nelayan milik warga mengalami kebakaran di PPI Sawang Ba’u, Kecamatan Sawang, Aceh Selatan. Peristiwa kebakaran itu menimpa KM Area Purnama milik Kamaruzzaman, Rabu (1/6/2022) pagi.

Panglima Laot Lhok Sawang Ba’u, Muhammad Nazir mengungkapkan, saat peristiwa kebakaran terjadi terdapat puluhan boat mangkal di kolam labuh. Melihat kejadian itu, sontak saja pemilik boat lain menyelamatkan armada masing-masing untuk menghindari dampak kebakaran.

Baca Juga :   Minimalisir Laka Lantas, Pengendara Diimbau Berhati-hati saat Arus Balik

“Sekitar pukul 09.00 WIB terdengar bunyi ledakan keras disusul kepulan asap hitam dari salah satu kapal nelayan. Diperkirakan ada aktivitas di dalam boat sebelum terbakar. Puluhan boat buru- buru keluar dari PPI untuk menyelamatkan boat mereka,” ujar Muhammad Nazir.

Dia menyebutkan, akibat peristiwa tersebut dua awak kapal dilaporkan menjadi korban kebakaran. Dua tenaga mesinis, yakni Samsul (40) berhasil diselamatkan dan dilarikan ke Puskesmas Sawang. Sementara rekannya, Ikbal (40) saat ini masih dalam pencarian.

“Korban Samsul dan Ikbal serta beberapa awak nelayan sedang beraktivitas didalam boat ketika terjadi kebakaran. Saat ini masyarakat, TNI/Polri sedang melakukan pencarian untuk memastikan keberadaan Ikbal,” kata Panglima Laot.

Baca Juga :   Breaking News: Panglong Kayu di Lambhuk Banda Aceh Terbakar

Sementara itu, Pemilik KM Area Purnama, Kamaruzzaman yang berada di lokasi menyebutkan, ketika boat mulai dilalap api ia mengaku masih di rumah.

“Setahu saya memang ada awak yang bekerja untuk persiapan turun melaut. Musibah ini diluar pengetahuan kita bang,” ungkap Kamaruzzaman.

KM Area Purnama salah satu kapal motor atau boat setengah baya. Harga boat dan seluruh kelengkapan ditafsir lebih kurang Rp 1 Milyar. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *