Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Sosok

Taufik Zass, Calon Ketua PWI Aceh Selatan Ternyata Punya Segudang Karir dan Pengalaman

445
×

Taufik Zass, Calon Ketua PWI Aceh Selatan Ternyata Punya Segudang Karir dan Pengalaman

Sebarkan artikel ini
Muhammad Taufik Zass, SH, M.Kn

Tapaktuan – Pria bernama lengkap Muhammad Taufik Zass, merupakan bakal calon (balon) Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Aceh Selatan.

Taufik digadang-gadang sebagai calon terkuat dalam pemilihan ketua PWI Aceh Selatan yang akan berlangsung pada Konferensi Cabang (Konfercab) ke-III PWI Aceh Selatan, pada Selasa 17 Januari 2023 mendatang di Aula Dinas Pariwisata, Tapaktuan.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Pria kelahiran Desa Lhok Gajah, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya ini, merupakan anak ketujuh dari tujuh bersaudara pasangan Zakaria Saman dan Cut Rohani.

Selain berprofesi sebagai wartawan, pria yang dikenal ramah dan mudah bergaul ini juga tercatat sebagai Advokat yang saat ini tergabung dalam organisasi Peradi dibawah kepemimpinan Dr. Luhut MP Pangaribuan, S.H. LLM. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Anggota Luar Biasa (ALB) Ikatan Notaris Indonesia (I.N.I).

Baca Juga :   Meraih Gelar Doktor, Anak Petani Miskin di Abdya Patut di Tauladani

Semasa kuliah, selain aktif di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), ia juga aktif di organisasi Ikatan Senat Mahasiswa hukum Indonesia (ISMAHI), disamping magang di Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Aceh dibawah Kepemimpinan Asiah Uziah SH.

Setahun magang di KontraS Aceh, pada tahun 2007 ia bergabung sebagai wartawan di Harian Aceh. Setelah tamat kuliah di Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Aceh pada tahun 2008, ia diterima dan bergabung sebagai wartawan di Harian Serambi Indonesia.

Baca Juga :   Bupati Abdya Terima Penghargaan Man Of The Year Versi TIMES Indonesia

Tiga tahun bertugas Mabes Harian Serambi Indonesia di Banda Aceh, pada tahun 2010 ia dimutasi sebagai wartawan di Biro Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya dan pada tahun 2012 kembali dimutasi sebagai wartawan Serambi Indonesia untuk wilayah kerja Aceh Selatan.

Sambil berkerja, pria yang merupakan salah seorang pendiri Perkumpulan Lembaga Bantuan Hukum Jendela Keadilan Aceh (LBH-JKA) ini terus meningkatkan kompetensi diri dengan melanjutkan pendidikan di jenjang strata dua (S2) pada program studi Magister Kenotariatan di Sumatera Utara.

Sehingga tak ayal, selain punya pengalaman di bidang Jurnalistik, ayah dari empat orang anak ini juga berpengalaman di bidang hukum terutama menyangkut penanganan Perkara Perdana, Pidana, Ketenagakerjaan dan persoalan hukum berkaitan dengan Pers.

Baca Juga :   Taufik Zass Siap Bertarung pada Pemilihan Ketua PWI Aceh Selatan

Bahkan, salain sebagai salah seorang pendiri LBH-JKA, pria berdarah Pidie – Trumon ini juga tergabung dalam salah Firma Hukum terkenal dan terbesar di Provinsi Sumatera Utara, yakni Law Office Adi Mansar, Guntur Rambe & Partner.

Atas dasar Pendidikan dan pengalaman kerja, sebagian kalangan menilai Taufik Zass bakal mampu memperkuat dan membesarkan organisasi PWI di Aceh Selatan, terutama di bidang advokasi dan peningkatan SDM bagi seluruh anggotanya. (*)