Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Polling Capres 2024

Vote Bakal Capres 2024, Warga Aceh Pilih Siapa?

1149
×

Vote Bakal Capres 2024, Warga Aceh Pilih Siapa?

Sebarkan artikel ini
Foto bakal Capres 2024, Anies Baswedan (kiri), Prabowo Subianto (tengah) dan Ganjar Pranowo (kanan). Desain by Roni/Acehglobal.

Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 semakin dekat. Tiga nama bakal calon presiden (capres) telah mencuat ke permukaan, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Anies Baswedan

Anies telah lebih awal mendeklarasikan diri menjadi Capres 2024 yang di usung partai Nasdem. Anies berduet dengan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang menjadi pasangannya sebagai Cawapres.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Anies – Cak Imin didukung oleh koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang terdiri dari tiga partai politik yakni Nasdem, PKB dan PKS.

Ketiga partai tersebut telah memenuhi ambang batas threshold untuk mengusung calon Presiden. Partai Nasdem memiliki 59 kursi di parlemen, PKB 58 kursi, dan 50 kursi milik PKS.

Dukungan tiga partai politik untuk Anies mengalami penyesuaian usai Partai Demokrat hengkang dan PKB masuk ke KPP. Dengan demikian, Anies lolos presidential threshold dengan adanya 167 kursi parlemen yang mengusung.

Baca Juga :   Sebanyak 61 Jemaah Haji Abdya Akan Berangkat ke Arab Saudi Dalam 2 Kloter

Selain itu, dia juga didukung satu partai di luar parlemen yang lolos dan akan mengikuti Pemilu 2024, yakni Partai Ummat.

Prabowo Subianto

Prabowo didukung tiga partai politik dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), yakni Partai Gerindra yang memiliki 78 kursi di parlemen, 85 kursi milik Partai Golkar, dan 44 kursi PAN.

Jika digabungkan, Prabowo telah memenuhi syarat untuk ikut bertanding dalam Pilpres 2024 dengan adanya 207 kursi parlemen. Selain itu, Prabowo juga didukung partai dari luar parlemen, yakni PBB dan Partai Gelora.

Belakangan KIM semakin bertambah kuat usai Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendeklarasikan partai berlambang mercy memberikan dukungan kepada Prabowo sebagai Capres 2024.

Keputusan Demokrat dukung Prabowo akan menambah kekuatan 54 kursi di parlemen sehingga total kursi yang mendukung Prabowo berjumlah 261 kursi. Dukungan itu didapatkan Prabowo usai Partai Demokrat memutuskan tak mendukung Anies di Pilpres 2024.

Baca Juga :   TPPO Modus Prostitusi di Kota Langsa, Korban Dijual Rp800 Ribu
Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo ialah satu-satunya bakal calon Presiden yang di usung oleh PDI P tanpa harus berkoalisi dengan partai lain karena telah memiliki 128 kursi di parlemen. Eks Gubernur Jawa Tengah itu juga didukung oleh satu partai parlemen lain dengan 19 kursi, yakni PPP.

Jika ditotal, Ganjar memiliki 147 kursi yang siap mendukungnya di Pilpres 2024. Meski demikian, ada beberapa partai lain di luar parlemen yang turut mendukung Ganjar, seperti Perindo dan Partai Hanura.

Lantas, siapa yang akan dipilih warga Aceh?

Anies Baswedan memiliki peluang untuk memenangkan suara di Aceh. Hal ini karena Anies memiliki latar belakang sebagai mantan Gubernur DKI Jakarta yang merupakan wilayah dengan banyak warga Aceh. Selain itu, Anies juga dikenal sebagai sosok yang religius, yang bisa menjadi daya tarik bagi warga Aceh.

Baca Juga :   Sambut HUT RI ke-78, Suka Makmue Gelar Turnamen Sepakbola Antar Gampong

Prabowo Subianto juga memiliki peluang untuk memenangkan suara di Aceh. Hal ini karena Prabowo memiliki latar belakang sebagai mantan Danjen Kopassus dan saat ini menjabat Menteri Pertahanan kabinet Jokowi yang dikenal sebagai sosok yang tegas dan berwibawa. Selain itu, Prabowo juga memiliki basis massa yang kuat di Aceh.

Ganjar Pranowo juga memiliki peluang untuk memenangkan suara di Aceh. Hal ini karena Ganjar dikenal sebagai sosok yang merakyat dan dekat dengan rakyat. Selain itu, Ganjar juga memiliki program-program yang dianggap bisa menguntungkan masyarakat Aceh.

Pada akhirnya, pilihan capres yang akan dipilih warga Aceh adalah hak prerogatif masing-masing warga. Namun, penting bagi warga Aceh untuk memilih capres yang memiliki visi dan misi yang jelas untuk kemajuan Aceh.

Ayo vote Bakal Capres 2024 pilihan Anda!

Berikut adalah area untuk voting :
animated-arrow-image-0147

Simak berita dan artikel lainnya di Google News