Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaPendidikan

45 Peserta KPM dan PKM Internasional Thailand Kembali ke Aceh

190
×

45 Peserta KPM dan PKM Internasional Thailand Kembali ke Aceh

Sebarkan artikel ini
Sambutan dari Dekan FDK saat peserta KPM dan PKM sampai di Kampus FDK UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Jumat (7/7/2023) sore.

BANDA ACEH – Sebanyak 45 peserta mahasiswa dan Dosen dari Aceh yang mengikuti Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Internasional di negara Thailand tiba di Tanah Air.

Rombongan landing di Bandara Sultan Iskandar Muda, Jum’at (7/7/2023) sekitar pukul 16.00 WIB sore, usai mengikuti Kegiatan KPM dan PKM internasional selama dua pekan di Thailand.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kegiatan KPM dan PKM Internasional tersebut merupakan kolaborasi antara Mahasiswa dan Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe.

Kegiatan tersebut terselenggara berkat kerjasama dengan Persatuan Mahasiswa Indonesia Thailand (Persait). Kegiatan ini diikuti oleh 33 Mahasiswa dan sembilan Dosen FDK UIN Ar-Raniry Banda Aceh, serta dua Mahasiswa dan satu Dosen dari IAIN Lhokseumawe.

Baca Juga :   Indofarma Buka Lowongan Kerja 4 Posisi, Ini Syaratnya

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FDK UIN Ar-Raniry, Dr Sabirin menyampaikan, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan selama berada di Thailand yaitu, Kegiatan KPM, Kegiatan PKM, Bakti sosial, pelaksanaan kurban, sosialisasi tentang Program-Program Studi (Prodi) Kampus UIN Ar-Raniry, serta penyampaian materi yang dilakukan oleh para Dosen.

“Beberapa kegiatan yang dilakukan di Thailand meliputi kegiatan KPM dan PKM kolaborasi dua Kampus, yaitu UIN Ar-Raniry dan IAIN Lhokseumawe, bakti sosial atau gotong royong yang terpusat di sebuah mesjid disana, kemudian ada juga kurban bersama, sosialisasi tentang Prodi yang ada di Kampus UIN kepada Masyarakat Pattani Thailand, serta penyampaian materi oleh Dosen kita dalam rangka PKM,” jelas Sabirin.

Baca Juga :   Timbun Jalan Rusak di Kota Lhoksukon, H Ibnu Sa'dan Tuai Pujian dari Warganet

Sabirin juga menyebutkan bahwa kegiatan ini akan terus diupayakan pada tahun-tahun berikutnya.

“Kita sedang mengupayakan, merencanakan untuk melakukan penyempurnaan dimana bila ada kekurangan-kekurangan pada kegiatan yang telah terlaksana yaitu KPM dan PKM Internasional agar menjadi lebih baik lagi dan InshaAllah Tahun depan kita mencoba melanjutkan kegiatan ini,” ungkapnya.

Selain itu Dekan FDK, Prof Kusmawati Hatta berharap, dari terlaksananya kegiatan KPM dan PKM internasional ini dapat menjadi pembelajaran bagi Mahasiswa, Dosen, serta Masyarakat yang ada di Thailand.

Baca Juga :   Kapolri Minta Stakeholder di Aceh Sosialisasikan Vaksin Booster

“Kita sebagai Orang Indonesia yang melaksanakan KPM dan PKM di Thailand mengalami situasi, budaya, serta kondisi yang berbeda-beda, tentunya ada hal yang bisa dijadikan pembelajaran baik dari anak-anak kita maupun masyarakat setempat, dimana dengan berbagai perbedaan dapat memberikan informasi yang berbeda karena mindset yang berbeda, kita berharap mudah-mudahan mindset mereka berubah dan mereka termotivasi untuk melakukan hal-hal yang baik terkait dengan kegiatan ini,” ujar Prof Kusmawati Hatta.

Pada kesempatan tersebut juga turut dihadiri oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Ar-Raniry, Dr Jasafat yang memantau secara langsung pelaksanaan kegiatan KPM dan PKM internasional di Pattani Thailand.(*)

Editor: SSY