Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Baitul Mal Kota Subulussalam Kukuhkan Pengurus 11 Baitul Mal Gampong

1623
×

Baitul Mal Kota Subulussalam Kukuhkan Pengurus 11 Baitul Mal Gampong

Sebarkan artikel ini
Puluhan pengurus 11 Baitul Mal Gampong (BMG) di Kota Subulussalam dikukuhkan di Aula Klinik Dian Lestari, Jalan SMA Desa Subulussalam Utara, Kota Subulussalam, Rabu (6/6/2023). Foto: Acehglobal/Roni.

SUBULUSSALAM – Baitul Mal Kota (BMK) Subulussalam mengukuhkan Pengurus dari 11 Baitul Mal Gampong (BMG) yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, dan Bendahara serta Ketua urusan yang meliputi urusan pengumpulan, penyaluran, urusan wakaf, dan harta keagamaan lainnya.

Prosesi pengukuhan dan pelantikan Pengurus BMG tersebut berlangsung di Aula Klinik Dian Lestari, Jalan SMA Desa Subulussalam Utara, Kota Subulussalam, Rabu (6/6/2023).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Ketua BMK Subulussalam, Dr Sabaruddin S dalam sambutannya menyampaikan, sesuai ketentuan Qanun Nomor 10 Tahun 2018 dan Nomor 3 Tahun 2021 tentang Baitul Mal bahwa yang diberikan kewenangan dalam pengelolaan dan distribusi Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf (Ziswaf) serta harta keagamaan lainnya adalah melalui lembaga resmi pemerintah yaitu Baitul Mal.

Baca Juga :   Motivasi Personel, Kapolres Abdya Kunker ke Polsek-Polsek

“Karena itu, para Amil harus menghimbau dan mengajak agar kaum muslimin dapat menyetorkan zakat harta atau penghasilannya ke Baitul Mal Gampong,” ujarnya.

Sabaruddin, menambahkan Pengurus BMG harus berupaya menjalankan tugasnya dengan baik dan profesional serta transparan dalam mengelola Ziswaf sesuai dengan tuntunan agama Islam dan sifat Rasulullah SAW .

Baca Juga :   Anggota DPRA Edi Kamal Kunjungi Lokasi Longsor Beutong

“Siddiq, (benar tidak berdusta), amanah (tanggung jawab, tidak khianat), Tabligh (menyampaikan informasi yang benar), dan fatanah (cerdas),” katanya.

Adapun Baitul Mal Gampong yang dikukuhkan antara lain BMG Gampong Subulussalam, Subulussalam Utara, Subulussalam Selatan, Subulussalam Timur, Penanggalan Induk, Penanggalan Barat, Penuntugan, Pasar Runding, Jambi Baru, Darul Aman, dan Gampong Lae saga.(*)

Editor: Salman