Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Diikuti 120 Peserta, BKPRMI Abdya Sukses Gelar FASI ke II

514
×

Diikuti 120 Peserta, BKPRMI Abdya Sukses Gelar FASI ke II

Sebarkan artikel ini
Acara penutupan FASI ke II tingkat kabupaten Abdya yang digelar di Masjid Agung Baitul Ghafur, Rabu (1/11/2023). Foto: Acehglobal/Salman.

Blangpidie – Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Aceh Barat Daya (Abdya) sukses menggelar kegiatan Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) ke II tingkat kabupaten setempat.

Kegiatan yang berlangsung sejak hari pembukaan pada Minggu, 29 Oktober lalu itu, dengan resmi ditutup oleh Ketua DPD BKPRMI Kabupaten Abdya, Usman IA di Masjid Agung Baitul Ghafur, Rabu (1/11/2023).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Ketua Panitia, Sudarman Hasyim mengatakan kegiatan FASI ke II tingkat kabupaten Abdya diikuti oleh 120 peserta dari 6 Kecamatan. Para peserta berasal dari Taman Kanak Alquran (TKA), Taman Pendidikan Alquran (TPA), dan TQA (Ta’limul Qur’an lil Aulad/pengajaran al-Qur’an bagi anak-anak).

“Ada 6 cabang yang diperlombakan yaitu lomba Tartil, Azan dan Iqamah, ceramah agama, Tahfidz, Tilawah dan cerdas cermat,” ujarnya.

Baca Juga :   Road Show Akhir Tahun, Rakan Wartawan Aceh Silaturahmi dengan Kapolres Aceh Selatan

Sebelumnya, kata Sudarman, Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) BKPRMI Se Abdya telah menggelar FASI di setiap kecamatan. Masing-masing juara di tingkat Kecamatan selanjutnya diperlombakan pada tingkat FASI Kabupaten.

“Dari 6 cabang yang diperlombakan di tingkat FASI kabupaten ada 18 peserta yang meraih juara, mereka terdiri dari juara 1, 2 dan 3,” sebut Sudarman yang didampingi Sekretaris Panitia, Khafrawi.

Sementara itu, Ketua DPD BKPRMI Abdya, Usman IA mengungkapkan, penutupan kegiatan FASI ke II Se Abdya baru dapat diadakan hari ini dikarenakan pihaknya terkendala dengan anggaran kegiatan.

Namun, atas berkat bantuan dan donasi secara patungan dari berbagai pihak, kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan sukses dan lancar.

“Alhamdulillah, juga dibantu oleh Wakil Ketua DPR Aceh, Pak Safaruddin dan dukungan dari Ketua DPD BKPRMI Aceh (Mulia Rahman) yang juga putra Abdya, sehingga FASI ke II Abdya berjalan sukses,” tutur Usman yang merupakan Bacaleg DPRA dari partai PKS.

Baca Juga :   Terancam Dibubarkan, DPP UPK Minta Bantuan ke DPD RI

“Dan InsyaaAllah, jika Ketua DPD BKPRMI Abdya terpilih nantinya sebagai anggota DPRA di Pileg 2024 mendatang, maka akan bertambah lagi bantuan dan support untuk kegiatan FASI ini di masa akan datang,” sambungnya.

Lebih lanjut dikatakan Usman, FASI merupakan agenda daerah yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Ajang ini selain diadakan di daerah dan tingkat Provinsi juga kedepan akan digelar di tingkat nasional.

Oleh karena itu, ia berharap kegiatan kompetisi Festival Anak Saleh yang diselenggarakan oleh BKPRMI tersebut agar tidak dianggap remeh.

Sebab, menurut Usman, kegiatan FASI adalah bentuk tanggung jawab Pemerintah untuk menggugah kesadaran masyarakat, bahwa begitu pentingnya semenjak dini untuk mempersiapkan generasi muda yang beriman, berilmu dan berakhlak mulia.

Usman berharap kedepan FASI dapat terus berjalan dengan baik dan sukses dan mencapai tujuan yaitu untuk mensyiarkan Islam serta bagian dari tanggung jawab dalam membina anak untuk mencintai Al-Qur’an.

Baca Juga :   Maidisal Gagas Olahraga Jet Ski di Pantai Ujong Serangga Susoh

Pada penutupan FASI ke II tingkat Kabupaten Abdya yang diadakan di Masjid Agung Baitul Ghafur ini juga sekaligus penyerahan hadiah dan trophy kepada 18 peserta yang menjadi pemenang lomba.

“Para pemenang lomba FASI yang meraih juara 1 nantinya ini akan menjadi duta Aceh Barat Daya pada ajang FASI di tingkat provinsi yang akan digelar di Abdya pada 22 – 24 November 2023,” kata Usman.

Usman berharap, semoga kegiatan FASI yang diadakan oleh BKPRMI ini dapat dibantu oleh Pemerintah Kabupaten Abdya, sehingga digelar setiap setahun sekali dan kedepan tidak terkendala lagi dengan anggaran kegiatan.(*)

Editor : Salman

Simak berita dan artikel lainnya di Google News