Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Jemaah Calon Haji Kecamatan Susoh Abdya Dilepas dengan Tradisi “Peusijuek”

175
×

Jemaah Calon Haji Kecamatan Susoh Abdya Dilepas dengan Tradisi “Peusijuek”

Sebarkan artikel ini
Puluhan JCH Kecamatan Susoh menjalani tradisi adat Aceh yaitu "Dipeusijuek" oleh Tokoh Masyarakat Susoh sebelum diberangkatkan ke Makkah, di Masjid Baitul Quddus Kampung Pinang, Sabtu (1/6/2024). (Foto: Acehglobal / Ist)

Blangpidie, Acehglobal – Sebanyak 17 orang Jemaah Calon Haji (JCH) dari Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), dilepas oleh para tokoh masyarakat setempat pada Sabtu (1/6/2024).

Prosesi pelepasan dimulai dengan tradisi Aceh yaitu, Peusijuek yang dilaksanakan di Masjid Baitul Quddus Kampung Pinang, Kecamatan Susoh.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Peusijuek merupakan tradisi adat masyarakat Aceh yang dilakukan dengan cara memercikkan air yang telah dicampuri tepung tawar sebagai bentuk penghormatan, rasa syukur, keselamatan, dan pengharapan baik.

Tradisi ini biasanya dilakukan pada berbagai momen penting dalam kehidupan masyarakat Aceh, seperti pernikahan, khitanan, berangkat haji, dan lain sebagainya.

Ketua Ikatan Pengurus Haji dan Umrah (IPHU) Kecamatan Susoh, H. Najib Abdul Aziz S.Ag, dalam laporannya menyebutkan jumlah calon jemaah haji tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Baca Juga :   Jelang Idul Fitri, Arus Mudik di Pelabuhan Calang Menuju Sinabang Membludak

“Alhamdulillah, tahun ini terdapat 17 orang calon jemaah haji dari Kecamatan Susoh yang akan berangkat ke tanah suci. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Najib.

Najib berharap jumlah calon haji akan terus bertambah di tahun mendatang, mengingat banyaknya daftar tunggu yang menanti panggilan untuk berangkat ke tanah suci Makkah.

Prosesi pelepasan yang berlangsung di Masjid Baitul Quddus tahun ini mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat, yang memadati lokasi untuk turut serta mendoakan para calon jemaah haji. Mereka berharap agar para calon haji bisa menjalankan ibadah dengan lancar dan kembali dengan selamat.

Baca Juga :   Simpan 16 Paket Ganja, Dua Pemuda di Abdya Diringkus Polisi

“Semoga para calon haji dari Kecamatan Susoh dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar dan penuh khusyuk, serta kembali ke tanah air dengan membawa keberkahan bagi diri dan keluarga. Dan menjadi haji yang mabrur,” pungkas Najib Abdul Aziz.

Sementara itu, Imam Chik Masjid Baitul Quddus, Nazli Hasan S.Ag, M.Ag, yang juga akan berangkat haji tahun ini, menyampaikan para calon haji dari Kecamatan Susoh tergabung dalam kloter 12 BTJ. Mereka dijadwalkan berangkat ke Arab Saudi pada Senin (10/6) melalui Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Banda Aceh.

“Saya memohon kepada seluruh jamaah yang hadir untuk mendoakan jamaah calon haji Kecamatan Susoh sebanyak 17 orang ini, serta seluruh JCH Kabupaten Abdya agar tetap sehat, kuat, dan bisa menjalankan seluruh rangkaian ibadah di tanah suci, serta mendapat prediket Haji Mabrur,” pinta Nazli.

Baca Juga :   Sambut HUT RI, Pemuda Gampong Durian Rampak Susoh Gelar Gotong Royong dan Bersih-bersih

“Kami juga menitipkan anak-anak dan rumah kami kepada bapak ibu, serta kami mendoakan bapak ibu agar segera dipanggil memenuhi panggilan di tanah suci,” tambah Nazli mewakili JCH Kecamatan Susoh.

Acara ini juga dihadiri oleh Sekretaris Camat Susoh, Hamdani SE, Danramil Susoh Kapten Inf. Fajar, serta para tokoh masyarakat Susoh. Selain itu, hadir juga para Keuchik dari tiga perkampungan yaitu Keuchik Gampong Pinang, Baharu, dan Rumah Panjang beserta aparatur Gampong, serta masyarakat yang mendukung dan berperan aktif dalam menyukseskan acara pelepasan calon jemaah haji Kecamatan Susoh. (*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News