Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Jembatan Penghubung Dua Desa di Abdya Dipenuhi Sampah

341
×

Jembatan Penghubung Dua Desa di Abdya Dipenuhi Sampah

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Abdya, H Darmansah meninjau langsung kondisi jembatan di perbatasan Desa Padang Geulumpang, Kecamatan Jeumpa, Jum'at (25/11/2022). (Foto: AGN/Sal)

Blangpidie, Acehglobalnews – Jembatan penghubung antar dua desa yakni Desa Padang Geulumpang Kecamatan Jeumpa dengan Desa Ujung Padang Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), dipenuhi tumpukan sampah.

Selain dipenuhi sampah, jembatan yang dibangun sekitar tahun 2004 tersebut juga tidak layak pakai lagi. Karena struktur jembatan yang sudah tua dan sandaran (hand rail) jembatan juga terlihat sudah patah.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Menanggapi hal tersebut, Pejabat Bupati Abdya, H. Darmansah meninjau langsung ke lokasi jembatan yang dimaksud di perbatasan Desa Padang Geulumpang dan Desa Ujung Padang, pada Jum’at (25/11/2022).

Baca Juga :   Disdikbud Abdya Apresiasi SDN 1 Babahrot Sukses Adakan Project Profil Pelajar Pancasila

“Jembatan ini memang tidak layak lagi atau sudah tidak sesuai dengan perkembangan zaman dan keadaan alam, ditambah lagi sudah tua. Jembatan ini sudah layak di ganti dengan bangun baru,” kata H. Darmansah.

Diketahui bahwa, struktur komponen bangunan bawah jembatan (pemikul beban) atau tiang tengah telah terjadi pendangkalan, sehingga aliran air pun tak lagi normal.

Baca Juga :   Musliadi Terpilih sebagai Ketua Pemuda Muhammadiyah Aceh

“Ini nanti harus dimasukkan dalam rancana pembangunan Abdya pada tahun yang akan datang,” perintah Pj Bupati H. Darmansah kepada Asisten II Khalid, SP, yang saat itu juga ikut turun ke lokasi.

H. Darmansah juga memerintahkan instansi terkait segera melakukan pembersihan tumpukan sampah dibawah jembatan tersebut guna mencegah luapan air sungai.

“Pak Asisten, segera perintahkan instansi terkait untuk melakukan pembersihan jembatan ini. Kita lakukan ini sementara untuk mengantisipasi terjadinya luapan saat hujan. Sayang masyarakat kita yang kena dampak,” perintah Pj Bupati lagi kepada Asisten II Sekdakab Abdya.

Baca Juga :   Jembatan Penghubung Antar Kemukiman di Abdya Incar Korban Jiwa

Turunnya Pj Bupati Abdya H. Darmansah ke lokasi jembatan dimaksud, juga ikut didampinggi Waka Polres Abdya, Kompol Muhayat Efendi bersama unsur Forkopimkab Abdya, Kadis Perkim LH Rahwadi. AR, Keuchik Gampong Padang Geulumpang Muhardi. (*)