Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Kabar Duka, Ulama Abdya Abu Min Lhok Sukon Meninggal Dunia

810
×

Kabar Duka, Ulama Abdya Abu Min Lhok Sukon Meninggal Dunia

Sebarkan artikel ini
Almarhum Tgk Muhammad Amin atau akrab disapa Abu Min Lhok Sukon.

Blangpidie – Innalilahi Wa Innalilahi Raji’un… Kabar duka datang dari Aceh Barat Daya (Abdya), salah seorang ulama, Tgk. Muhammad Amin atau yang akrab disapa Abu Min Lhok Sukon, meninggal dunia pada Minggu, (29/10/2023) malam.

Abu Min menghembuskan nafas terakhirnya di kediamannya di Gampong Panto Cut, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya, sekitar pukul 20.00 WIB.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Sebelum meninggal, Abu Min sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Teuku Peukan (RSUDTP) selama satu pekan karena penyakit darah tinggi.

“Benar, Abu telah meninggal dunia semalam. Almarhum telah dikebumikan di halaman rumah Panto Cut,” kata Zazuli, salah seorang putra Abu Min, kepada awak media.

Baca Juga :   Alami Kecelakaan Mobil, Artis Vanessa Angel dan Suami Dikabarkan Meninggal Dunia

Di usia mudanya, almarhum Abu Min diketahui pernah berguru pada Abuya Syeh Mahmud Blangpidie. Semasa hidupnya Abu Min juga bersahabat dekat dengan ulama kharismatik Aceh, Abu Ibrahim Woyla.

Baca Juga :   Remaja Abdya Meninggal Dunia Akibat Tersangkut Pintu Air Irigasi

Abu Min lahir di Gampong Panto Cut pada 1 Juli 1940. Ia dikenal sebagai sosok ulama yang alim dan ramah. Semasa hidupnya, ia juga dikenal sebagai seorang tabib yang mumpuni.

Kepergian Abu Min meninggalkan duka mendalam bagi masyarakat Aceh, khususnya di Kabupaten Aceh Barat Daya.(*)

Editor : Redaksi