Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
DaerahPemilu 2024

Kapolres Aceh Selatan Pimpin Apel Pengecekan Personel PAM TPS

196
×

Kapolres Aceh Selatan Pimpin Apel Pengecekan Personel PAM TPS

Sebarkan artikel ini
Kapolres Aceh Selatan, AKBP Mughi Prasetyo Habrianto S.I.K., memimpin apel kesiapan personel PAM TPS, di lapangan apel Mapolres setempat, pada Rabu (7/2/2024). (Foto: Acehglobal / Ist)

Tapaktuan, Acehglobal – Kapolres Aceh Selatan, AKBP Mughi Prasetyo Habrianto S.I.K., memimpin apel kesiapan pengamanan dan pengecekan personel Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Lapangan Apel Polres setempat pada Rabu (7/2/2024).

Apel ini bertujuan untuk memastikan kesiapan personel Polri dalam mengamankan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) serta legislatif Tahun 2024.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dalam arahannya, Kapolres menekankan beberapa tugas pokok Polri dalam pengamanan TPS, yaitu membantu KPPS dalam pengamanan kegiatan pemungutan suara, perhitungan dan rekapitulasi suara di lokasi TPS.

Melakukan tindakan kepolisian guna mencegah ambang gangguan perhitungan dan rekapitulasi suara di seputar wilayah TPS penugasan.
Berkoordinasi, sinergi dan kerja sama dengan unsur penyelenggara pemilu di tingkat TPS (KPPS, PTPS), Panwas, Linmas serta pengamanan lainnya.

Baca Juga :   12 Panwaslu Desa di Kecamatan Jeumpa Dinyatakan Lulus

Kapolres juga mengingatkan anggota pengamanan TPS untuk tetap mengedepankan netralitas dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas.

“Netralitas Polri adalah prinsip yang sangat penting dalam menjaga keadilan dan ketertiban selama proses pemilihan umum. Dengan tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis dan tidak menggunakan hak memilih serta dipilih, Polri dapat memastikan bahwa pemilu berjalan dengan lancar dan adil bagi semua pihak,” tegas Kapolres.

Selain itu, Kapolres juga menekankan tugas lain Polri yaitu membantu pengamanan pengawalan kotak suara hasil rekapitulasi suara dari TPS ke tempat tujuan yang ditetapkan.

Baca Juga :   Melalui Program Makmur, Duta Petani Millenial Aceh Apresiasi PT PIM

“Polri diharapkan mampu mengamankan terlaksananya pemilihan Presiden dan Wapres serta legislatif Tahun 2024 yang demokratis serta sesuai dengan prinsip-prinsip penyelenggaraan pemilu,” tutur Mughi.

Pada apel tersebut juga dilakukan simulasi pengamanan TPS Pemilu 2024. Simulasi ini bertujuan untuk mengetahui dan memberi gambaran kepada para personel Polri pada saat pengamanan dalam upaya yang akan dilakukan jika terjadi gangguan di TPS.

“Dengan ini Saya mengajak seluruh personel pengamanan TPS untuk menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab, integritas, dan netralitas. Kita memiliki tanggung jawab besar dalam memastikan bahwa proses pemilihan umum berjalan aman, jujur, dan transparan. Tetaplah menjaga keamanan di TPS dengan menghindari potensi gangguan dan menjunjung tinggi netralitas serta profesionalisme,” kata Kapolres.

Baca Juga :   Usai jadi Pemateri di Manasik Haji, Kakankemenag Aceh Utara Kunker ke Sejumlah Dayah

“Yakin, dengan kerja keras dan sinergi kita, Pemilu ini akan berlangsung sukses, mencerminkan semangat demokrasi yang kita junjung tinggi. Terima kasih atas dedikasi dan pengabdian kalian, mari kita laksanakan tugas ini dengan baik demi keberhasilan pemilihan umum yang adil dan demokratis. Semoga Tuhan memberikan keselamatan dan kelancaran dalam setiap langkah kita. Terima kasih,” tutup Kapolres Aceh Selatan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *