Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Kelompok Tani Suak Nibong Juarai Lomba Asah Terampil Petani Tingkat Kecamatan Tangan-tangan

358
×

Kelompok Tani Suak Nibong Juarai Lomba Asah Terampil Petani Tingkat Kecamatan Tangan-tangan

Sebarkan artikel ini

Blangpidie, AcehGlobalnews — Kelompok Tani Beukai Tuha dari Gampong Suak Nibong, Kecamatan Tangan-tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), berhasil keluar sebagai juara pada Lomba Asah Terampil Petani Aceh (LAT PA) tingkat Kecamatan setempat.

Lomba Asah Terampil Petani Aceh di Kecamatan Tangan-tangan itu diikuti oleh tiga kelompok tani yang berasal dari tiga gampong, yaitu Gampong Suak Nibong, Ie Lhob dan Gampong Gunung Cut.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Koordinator Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Tangan-tangan Alkausar, SP, melalui panitia perlombaan LAT PA Hadianur menjelaskan, para petani yang tergabung dalam tiga kelompok tersebut diadu pengetahuan dalam bidang Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Hortikultura.

Baca Juga :   Pj Bupati Abdya Santuni Keluarga Almarhum Sudirman

Kegiatan perlombaan LAT PA tersebut berlangsung di Aula Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Tangan-tangan, Abdya, Rabu (2/11/2022).

“Kegiatan ini menjadi ajang kompetisi antar petani guna mendapatkan sumber daya manusia pertanian yang handal di bidang tani, baik di sektor pertanian, peternakan, perkebunan dan hortikultura dan pengetahuan umum lainya. Petani yang memiliki kemampuan dan keterampilan lebih baik, diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup petani dan keluarganya,” ujar Hadianur.

Baca Juga :   Gampong Suak Nibong Raih Penghargaan Desa Ketahanan Pangan

Menurutnya, kegiatan ini juga jadi media pengembangan diri, menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, mengasah keterampilan dan menggali potensi diri bagi para petani.

“Dari perlombaan ini tadi, Kelompok Tani Beukai Tuha dari Suak Nibong keluar sebagai pemenang di tingkat kecamatan. Kedepan, kelompok Tani Beukai Tuha yang akan mewakili Kecamatan Tangan-tangan ke LAT-PA tingkat Kabupaten,” sebut Hadianur.

Baca Juga :   Lima Gampong di Kecamatan Blangpidie Ikuti Pembekalan Penyusunan RPJMG

Sementara itu, Adami. Us, SP Keuchik Gampong Suak Nibong yang juga sebagai peserta lomba tersebut kepada awak media ini memyampaikan, bahwa pihaknya sangat berterimakasih kepada penyuluh atau petugas BPP Tangan-tangan yang telah membimbing para petani dan memediasi kegiatan perlombaan tersebut.

“InsyaAllah, kelompok kita akan siap berkompetisi di LAT-PA tingkat kabupaten nanti. Doakan saja Tangan-tangan akan menang di perlombaan itu nanti,” kata Adami singkat. (*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News