Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Pemerintah Aceh Siapkan 20.210 Ekor Sapi Jantan untuk Penuhi Kebutuhan Daging Meugang Puasa

157
×

Pemerintah Aceh Siapkan 20.210 Ekor Sapi Jantan untuk Penuhi Kebutuhan Daging Meugang Puasa

Sebarkan artikel ini
Pemerintah Aceh Siapkan 20.210 Ekor Sapi Jantan untuk Penuhi Kebutuhan Daging Meugang Puasa. (Foto: Humas Pemprov Aceh)

Banda Aceh, Acehglobal — Menyambut bulan suci Ramadan 1445 Hijriah, Pemerintah Aceh telah menyiapkan 20.210 ekor sapi jantan untuk meugang puasa.

Selain itu, terdapat 9.013 ekor kerbau jantan dan sapi betina yang tidak produktif lagi yang juga disediakan untuk memenuhi kebutuhan daging di seluruh Aceh.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Data dari Dinas Peternakan Aceh bahwa persiapan ini bertujuan untuk memastikan masyarakat Aceh dapat menjalankan ibadah puasa dengan tenang, tanpa khawatir kekurangan daging.

“Sebagian pedagang juga mendatangkan sapi dari luar Aceh untuk memenuhi permintaan selama bulan suci Ramadan,” kata Kepala Dinas Peternakan Aceh, Zalsufran, Kamis (7/3/2024).

Baca Juga :   Pemerintah Gampong Pasar Blangpidie Gelar Sosialisasi PHBS

Namun, Zalsufran menekankan pentingnya pemeriksaan kesehatan hewan sebelum proses penyembelihan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa daging yang dihasilkan memenuhi standar kebersihan dan kesehatan, serta tidak menimbulkan masalah bagi konsumen.

“Meskipun saat ini tidak ada laporan tentang penyakit mulut dan kaki pada sapi, kami tetap perlu melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh untuk menghindari keraguan dari masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga :   BAS Lhokseumawe Kembali Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Aceh Utara

Dengan persiapan yang matang ini, Zalsufran optimistis bahwa ketersediaan daging pada tahun ini dapat dipenuhi dengan harga yang terjangkau.

“Sehingga seluruh masyarakat Aceh dapat menikmati hidangan meugang tanpa kendala apapun,” pungkasnya.