Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Pemerintah Gampong Meudang Ara Salurkan Bantuan Bibit Ayam dan Pakan Gratis kepada Masyarakat

348
×

Pemerintah Gampong Meudang Ara Salurkan Bantuan Bibit Ayam dan Pakan Gratis kepada Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Keuchik Gampong Meudang Ara, Hendry Putra menyerahkan secara simbolis bantuan bibit ayam dan pakan kepada salah satu warga di halaman kantor Keuchik setempat, Sabtu (18/3/2023). Foto/Bg One.

BLANGPIDIE – Pemerintah Gampong Meudang Ara, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyalurkan bantuan bibit ayam dan pakan secara gratis kepada masyarakat.

Bantuan tersebut diserahkan kepada 64 Kepala Keluarga (KK) yang berlangsung di halaman kantor Keuchik Gampong setempat, Sabtu (18/3/2023).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Penyaluran bibit ayam dan juga pakan ini merupakan program ketahanan pangan yang bersumber dari 20% Dana Desa (DD) dalam APBG Tahun Anggaran 2023,” ujar Keuchik Meudang Ara, Hendry Putra di sela-sela penyaluran bantuan.

Baca Juga :   Forum Keuchik Blangpidie Salurkan Bantuan untuk Korban Abrasi Pantai di Susoh

Hendry menjelaskan, kriteria penerima bantuan tersebut adalah masyarakat Gampong Meudang Ara yang kesehari-harian mereka memelihara ayam. Tidak hanya itu, yang bersangkutan juga harus memiliki kandang ayam.

“Warga yang kita berikan bibit ini adalah mereka yang memang memiliki kandang sendiri atau sebelumnya yang bersangkutan memelihara ayam,” terangnya.

Sebelum bantuan itu disalurkan, kata Hendry, Aparatur Desa sudah terlebih dahulu melakukan survey ke setiap rumah-rumah untuk mendata warga yang berhak atau tidak menerima bantuan tersebut.

Baca Juga :   Momen Salur BLT, Gampong Durian Rampak Susoh Gelar Kegiatan Vaksinasi kepada Warga

“Dari hasil survey di lapangan, tercatat hanya 64 orang warga kita yang ianya betul-betul memelihara ayam dan memang punya kandang sendiri,” sebutnya.

Menurut Hendry, meskipun anggaran untuk kegiatan tersebut jumlahnya tidak begitu besar, namun bantuan itu sudah sangat membantu warga.

“Alhamdulillah cukup membantu masyarakat kita. Semoga bantuan yang kita berikan ini bermanfaat dan dapat dikembangkan sehingga kelak menjadi pendapatan tambahan bagi masyarakat,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Gampong Meudang Ara adalah satu-satunya Gampong di Kabupaten Abdya yang berhasil meraih penghargaan Desa Mandiri Terbaik Se Aceh.

Baca Juga :   H. Sayed Muliady Bantu Pesantren Darul Muhibbah Abdya

Hal tersebut berdasarkan data Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2022. Sebelumnya dari data tersebut, Gampong yang terletak di jantung kota Blangpidie ini adalah Desa Maju.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Tuha Peut Gampong Meudang Ara, Koordinator Pendamping Desa Kecamatan Blangpidie, M Tahir SPd, PD Affan Arafat ST, PLD Firdaus SE, dan Aparatur Desa dan para Kepala Dusun Gampong setempat. (*)

Editor : Salman