Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Peringati Nuzul Quran 1444 H, Warga Durian Rampak Santuni Anak Yatim

276
×

Peringati Nuzul Quran 1444 H, Warga Durian Rampak Santuni Anak Yatim

Sebarkan artikel ini
Momen peringatan Nuzulul Qur'an 1444 H, warga Durian Rampak mengadakan santunan anak yatim yang berlangsung di masjid Baitul Qahhar Gampong setempat, Jum'at malam (7/4/2023). Foto/AGN/Salman

“Dalam agama Islam sesuai surat Al Ma’un kita diwajibkan untuk memelihara dan menyantuni anak yatim. Apabila tidak melakukan hal tersebut maka akan dianggap pendusta agama,” tegas Yulisman.

BLANGPIDIE – Warga Gampong Durian Rampak, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan santunan kepada anak yatim yang berlangsung di Masjid Baitul Qahhar Gampong setempat, pada Senin malam, (7/4/2023).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dalam sambutannya Keuchik Durian Rampak, Suhaimi yang diwakilkan kepada Tuha Peut, Yulisman, S.Ag menyampaikan kegiatan santunan anak yatim di malam Nuzul Quran ini merupakan agenda rutinitas yang dilaksanakan setiap tahun oleh masyarakat.

“Korelasi antara nuzul Qur’an dengan santunan yatim merupakan pengaplikasian dari nilai Al Qur’an itu sendiri khususnya mentadabburkan Surat Al Ma’un sebagai bentuk pembuktian sikap mukmin sejati dalam penyantunan anak yatim, dan fakir miskin,” jelas Yulisman.

“Dalam agama Islam sesuai surat Al Ma’un kita diwajibkan untuk memelihara dan menyantuni anak yatim. Apabila tidak melakukan hal tersebut maka akan dianggap pendusta agama,” tegas Yulisman.

Sebelumnya, Panitia pelaksana Santunan Anak Yatim Durian Rampak, Azwir dalam laporannya menyampaikan pihaknya selaku panitia hanya sebagai jembatan saja, namun pada hakekatnya kegiatan ini berjalan sukses karena adanya dukungan masyarakat.

Azwir menyebut, total dana yang terkumpul dari masyarakat dan para donatur ditambah sisa saldo tahun lalu berjumlah Rp 69.769.000. Tahun ini, penerima santunan yatim di Gampong Durian Rampak berjumlah 32 anak, terdiri dari 15 orang yatim, dan 17 anak piatu dan fakir miskin.

“Jumlah santunan yang diterima per anak yatim sebesar Rp 1,7 juta. Sedangkan, piatu dan fakir masing-masing menerima santunan Rp 500.000,” ujar Azwir.

Kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat dan donatur yang telah menyukseskan kegiatan ini. “Semoga amal kebaikan bapak ibu semua mendapat pahala dari Allah SWT,” tutur Azwir.

Turut hadir dalam kegiatan santunan anak yatim ini, Imum Mukim Durian Rampak yang juga sekaligus Imam Masjid Baitul Qahhar Tgk Syamsuar, Keuchik Gampong Durian Rampak Suhaimi, Anggota Tuha Peut, Aparatur Gampong, Tokoh Masyarakat, Pemuda, Panitia Yatim, dan masyarakat setempat.

Kegiatan tersebut juga dirangkai dengan acara buka puasa bersama masyarakat, dan malamnya bakda shalat Tarawih dan Witir diadakan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustad Rahmat Mufassir, SH. (*)

Baca Juga :   Peringati Milad Ke-10, PNA Abdya Gelar Doa Bersama dan Santuni Anak Yatim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *