Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Pj Bupati Abdya Hadiri Panen Udang Vaname Usaha BUMG Desa Keudai Susoh

800
×

Pj Bupati Abdya Hadiri Panen Udang Vaname Usaha BUMG Desa Keudai Susoh

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Abdya, H Darmansah didampingi Istri Ny. Hj Zulhijjah sedang mengambil tangkapan udang vename di kolam budidaya program ketahanan pangan Gampong Kedai Susoh, Sabtu (24/6/2023). Foto: Acehglobal/Muhammad Nasir.

BLANGPIDIE – Pj Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), H. Darmansah menghadiri kegiatan panen udang Vaname di Gampong Kedai Susoh, Kecamatan Susoh, kabupaten setempat pada Sabtu (24/6/2023) pagi.

Amatan Acehglobal, kolam udang vaname tersebut adalah salah satu keberhasilan program ketahanan pangan bersumber Dana Desa yang dikelola dibawah BUMG Desa Keudai Susoh

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dalam sambutannya, Pj Bupati Darmansah menitipkan harapan terkait keberhasilan program budidaya udang vaname yang sudah dikembangkan oleh pemerintahan gampong setempat.

Kata Pj Bupati, tidak menutup kemungkinan usaha vaname yang sedang ditekuni itu dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya di Kabupaten Abdya.

“Alhamdulillah, kita dikaruniai tempat yang strategis untuk budidaya udang vaname. Aset ini adalah rahmat Allah yang sangat mahal, jadi mestilah kita kelola dengan baik untuk hasil yang baik pula,” ucap Darmansah.

Baca Juga :   Rapat Penetapan Jadwal Paripurna PAW Anggota DPRK Abdya Ditunda

Selain potensi budidaya udang vaname, menurut Pj Bupati, kawasan Desa Kedai Susoh juga memiliki sejumlah aset lainnya untuk dikembangkan seperti pesisir pantai yang juga mempunyai potensi luar biasa untuk dikembangkan menjadi objek wisata.

“Selain itu, ada ikon sejarah karena satu-satunya mesjid tertua di Abdya ada disini yakni Mesjid Pusaka. Ini bukti jejak masa lalu yang masih tertinggal dan kaya akan sejarah,” ungkapnya.

Menurut Darmansah, untuk saat ini Desa yang berada di kawasan pesisir akan menjadi satu satu idola dan di incar oleh semua pengusah. Sebab, wilayah pesisir dapat digunakan sebagai tempat usaha budidaya udang vaname dan juga daerah wisata bahari.

“Dan kita punya itu semua, kita memiliki pesisir dan lahan yang cukup untuk mengembangkan wisata, kedepan kita akan galakkan wisata, dan kita sudah lakukan beberapa perubahan supaya ke depan Abdya memiliki Dinas Pariwisata, harapannya apa yang sudah dijalankan dapat dikembangkan,” kata Pj Bupati.

Baca Juga :   ACT Kumpulkan Dana Rp 60 Milyar Sebulan, 10 hingga 20 Persen Ternyata untuk Gaji Karyawan

Sementara itu, Keuchik Gampong Kedai Susoh, Ridwan dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Pj Bupati Darmansah ke lokasi budidaya udang vaname yang dikelola pemerintah Gampong setempat.

“Kami merasa sangat terhormat dengan kehadiran bapak Pj Bupati beserta rombongan pada kegiatan panen udang vename di gampong kami ini,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan Ridwan, untuk saat ini Pemerintah Gampong Keudai Susoh sudah memiliki dua kolam udang vaname.

“Pertama, kolam vename program ketahanan pangan tahun 2022. Sebagian hasilnya dibagikan kepada masyarakat. Lalu, sebagiannya lagi digunakan untuk modal selanjutnya. Yang kedua, ada kolam progam penyertaan modal ke BUMG Pusaka pada tahun 2021. Hasilnya ini diharapkan kedepan dapat menjadi PAG bagi Desa Kedai Susoh,” terangnya.

Baca Juga :   Kafilah Aceh Masuk Final 8 Cabang Lomba MTQ Korpri Nasional di Kendari

Kesempatan itu, Ridwan juga mengaku dalam pengelolaan usaha udang vaname tersebut, pihaknya terkendala dengan keterbatasan modal usaha, seharusnya untuk kelancaran usaha itu pihaknya membutuhkan suntikan dana yang lebih.

“Kami sangat berharap adanya bantuan baik dari pemerintah daerah maupun Provinsi. Kami sangat membutuhkan penambahan modal seperti bantuan CSR contohnya, namun sejauh ini kami belum bisa mendapatkannya,” imbuh dia.

Amatan media ini, Pj Bupati Darmansah juga menyempatkan diri melihat sebuah bangunan bekas Sekolah Dasar yang diminta Pemerintah Desa Keudai Susoh untuk di hibahkan ke desa setempat.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala DPMP4 Nur Afni Muliani, Camat Susoh Nasrul SKM, Babinsa, Babinkantibmas, Tuha Peut, Tokoh Masyarakat dan sejumlah masyarakat.(*)

Editor: Salman