Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Pj Bupati Abdya Sahuti Tuntutan Eks Kombatan GAM

156
×

Pj Bupati Abdya Sahuti Tuntutan Eks Kombatan GAM

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Abdya, Darmansah SPd MM (Foto: Ist)

Blangpidie, AcehGlobalnews.com — Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Darmansah menyahuti permintaan eks kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) wilayah Kabupaten setempat terkait tuntutan agar membagikan lahan pertanian/perkebunan bagi mereka.

Darmansah mengatakan, bahwa dirinya akan mencari solusi terkait penyediaan lahan perkebunan/pertanian untuk para mantan Kombatan GAM yang ada di kabupaten tersebut.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Insya Allah, kita akan mencari solusi terkait masalah ini,” ucap Pj Bupati Abdya, Darmansah, Jum’at (23/9/2022).

Baca Juga :   Polres Pidie Kembali Ungkap Kasus Narkotika, BB 0,15 Gram Sabu Diamankan

Maka itu, Darmansah meminta, agar jumlah mantan Kombatan GAM, tapol, napol, dan korban konflik didata dengan baik.

“Tentunya data mantan kombatan, tapol, napol dan korban konflik harus di data dengan valid. Sehingga, kita bisa mengetahui berapa jumlah saudara-saudara semuanya,” ujarnya.

Darmansah berharap agar masalah tersebut harus dicari solusi secara bersama-sama, terutama dukungan penuh dari lembaga legislatif dan juga lembaga vertikal.

Baca Juga :   Salman Alfarisi Resmi Dilantik Jadi Sekda Abdya

“Nanti, kita akan duduk dengan pihak DPRK, Kapolres, Dandim, Kajari, BPN, tokoh masyarakat, LSM, dan mantan Kombatan GAM, untuk sama-sama membahas sekaligus mencari solusi terkait masalah ini,” pungkasnya.

Diketahui, sebelumnya sejumlah eks kombatan GAM dari KPA 013 Wilayah Blangpidie berdelegasi ke Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Abdya pada Jum’at (23/9/2022).

Kedatangan mereka dalam rangka membahas dan menagih janji butir-butir kesepahaman dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang telah ditandatangani di Helsinki, Finlandia pada 15 Agustus 2005 lalu antara GAM dan Pemerintah Republik Indonesia.

Baca Juga :   Pj Bupati Abdya Kunjungi Petani Cabe di Gampong Cinta Makmur Setia

Dalam kedatangan sejumlah anggota Komite Peralihan Aceh (KPA) Wilayah 013 Blangpidie tersebut, mereka menuntut pemerintah agar segera menepati janji yang telah diutarakan untuk menyejahterakan warga, baik itu masyarakat, korban konflik, dan mantan kombatan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *