Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Internasional

Pusat Astronomi Internasional Tetapkan Lebaran Idul Fitri Jatuh pada 21 April 2023

559
×

Pusat Astronomi Internasional Tetapkan Lebaran Idul Fitri Jatuh pada 21 April 2023

Sebarkan artikel ini
Masyarakat Arab diminta untuk memperhatikan hilal (bulan sabit). (Foto: Al Araby)

ACEHGLOBALNEWS – Pusat Astronomi Internasional di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), menyatakan Lebaran Idul Fitri atau 1 Syawal 1444 Hijriah akan jatuh pada Jumat, 21 April 2023 Masehi.

Dilansir dari Gulf News, menyebutkan bahwa sistem perhitungan bulan di sana menggunakan Arab Union for Astronomy and Space Sciences (AUASS), sehingga ditetapkan hari Idul Fitri 1444 H jatuh pada 21 April 2023 mendatang.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Namun, di Indonesia, penentuan hari lebaran biasanya berdasarkan sidang isbat yang diadakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag). Sidang isbat akan digelar pada 29 Ramadan atau pada Kamis (20/4/2023).

Baca Juga :   Bintang Sepakbola Dunia Ronaldo Resmi jadi Warga Muhammadiyah

Sementara itu, Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan tanggal 1 Syawal dan 1 Zulhijjah melalui maklumatnya.

Lebaran Idulfitri yang tertulis di dalam maklumat tersebut akan jatuh pada Jumat, 21 April 2023.

Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah No.1/MLM/I.0/E/2023 tentang Penetapan Hasil Hisab, Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1444 H, menyatakan bahwa lebaran Muhammadiyah 2023 juga jatuh pada tanggal yang sama dengan Arab Saudi.

Baca Juga :   Pj Bupati Abdya Resmikan Lima BUMDesma

Sementara itu, pemerintah Indonesia mengacu pada kriteria Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) untuk menentukan tanggal lebaran.

Namun, tanggal pasti lebaran akan diumumkan setelah sidang isbat digelar pada Kamis (20/4/2023) oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. (Fajar.co.id)