Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerahPeristiwa

Respon Cepat, Pemkab Aceh Selatan Salurkan Bantuan Kebakaran Pada Dua Dayah

692
×

Respon Cepat, Pemkab Aceh Selatan Salurkan Bantuan Kebakaran Pada Dua Dayah

Sebarkan artikel ini
Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran melalui Dinas Sosial kabupaten setempat menyerahkan langsung bantuan masa panik kepada masing-masing pimpinan Dayah/Pesantren yang tertimpa musibah kebakaran, Minggu (11/6/2023). Foto: Acehglobal/Ist.

TAPAKTUAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan merespon cepat dalam menangani musibah kebakaran yang menimpa dua Dayah/Pesantren di Kecamatan Labuhanhaji dalam waktu berdekatan.

Pada Rabu, (7/6/2023) musibah kebakaran menimpa Dayah Darul Ilham di Gampong Padang Bakau, Kecamatan Labuhan Haji. Akibatnya 7 kamar/bilik santri di Dayah tersebut ludes terbakar.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Selang tiga hari setelah itu, peristiwa kebakaran kembali terjadi menimpa Dayah Darul Miftahul Rahmah di Gampong Batee Meucanang, Kecamatan Labuhan Haji Barat, Aceh Selatan, Minggu (11/6/2023) sekira pukul 01.30 WIB.

Baca Juga :   Mendes: Haram Hukumnya BUMDesa Bersaing dengan UMKM dan Usaha Warga

Kebakaran di Dayah Darul Miftahul Rahmah tersebut mengakibatkan sebanyak 10 kamar/bilik santri hangus di lahap si jago merah.

Akibat Kebakaran Dayah, puluhan santri kehilangan tempat mondok, pakaian, fasilitas tempat tidur, kitab-kitab dan cosmos masak serta peralatan lain. Dalam insiden kebakaran tidak ada korban jiwa.

Atas musibah tersebut, Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran melalui Kadis Sosial Junaidi, SP menyalurkan bantuan masa panik kepada kedua pimpinan dayah yang terkena musibah kebakaran.

Baca Juga :   Wakil Ketua DPRA Safaruddin Jaring Aspirasi Masyarakat Manggeng

Dalam penyampaiannya, melalui Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab, Deka Harwinta, M.I.Kom, Minggu (11/6), Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran mengucap keprihatinan yang mendalam atas musibah kebakaran yang menghanguskan fasilitas pondok santri di dua Dayah/Pesantren tersebut.

“Tentunya kita tidak dapat menduga kapan musibah akan terjadi. Namun hendaknya hal ini menjadi pelajaran bagi kita untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati agar musibah ini tidak terulang,” kata Bupati Amran.

Baca Juga :   Kader PAN Abdya, Ikhsan Jufri Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Abdya

Untuk saat ini, lanjut Bupati, Pemerintah Daerah Aceh Selatan telah menyalurkan bantuan masa panik sebagai bentuk kepedulian dan respon awal terhadap musibah yang terjadi.

“Selanjutnya, kita bersama-sama akan berupaya agar kondisi dan fasilitas yang terdampak musibah kebakaran dapat dipulihkan kembali, sehingga proses belajar mengajar di dayah dapat kembali berjalan, baik melalui sumber APBK maupun dengan usulan ke Provinsi melalui sumber APBA,” demikian ucap Bupati Amran melalui Kabag Prokopim Aceh Selatan. (*)

Editor: Salman