Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Sambut Ramadhan, Gampong Lhung Asan Blangpidie Gelar Festival Anak Shaleh

339
×

Sambut Ramadhan, Gampong Lhung Asan Blangpidie Gelar Festival Anak Shaleh

Sebarkan artikel ini
Keuchik Gampong Lhung Asan, Maidi berfoto bersama dengan peserta pemenang lomba pada malam puncak festival anak shaleh, Selasa (14/3/2023). Foto/Salman

BLANGPIDIE – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1444 Hijriah, Pemerintah Gampong Lhung Asan, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), menyelenggarakan Festival Anak Shaleh 2023.

Kegiatan tersebut berlangsung di Masjid Baitussalam Gampong setempat yang berlangsung selama 3 hari sejak tanggal 11 hingga 13 Maret 2023.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Festival Anak Shaleh ini diikuti langsung oleh anak-anak Gampong Lhung Asan. Adapun peserta yang mengikuti mulai dari tingkat PAUD, TK, SD/MI dan SMP/MTsN.

Kegiatan yang diinisiasi oleh para Guru Seumebeut dan Pemuda Gampong ini mengusung tema “Mewujudkan Generasi Muda yang Unggul, Cerdas dan Berjiwa Qur’ani.”

Baca Juga :   Tgk H Armisli Minta Surya Paloh "Bismillah", Pecat Taufiqulhadi dari Ketua NasDem Aceh

Adapun cabang yang diperlombakan adalah lomba azan, doa sehari-hari, hafalan ayat-ayat pendek, hafalan shalat jenazah, Tilawatil Qur’an dan lomba pidato.

Tidak hanya perlombaan saja, pada malam puncak kegiatan tersebut juga dirangkai dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Abiya Tgk Namawi Hakimis, yaitu Pimpinan Pondok Pesantren Nihayatul Muhtaj di Gampong Padang Bak Jeumpa, Kecamatan Tangan-tangan.

Ketua Panitia, Agustina mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ruang bagi generasi muda agar dapat mengasah kemampuan dan menunjukan bakat, sehingga nantinya dapat menghasilkan bibit-bibit unggul dalam desa tersebut.

“Saat peserta tampil, para aparatur desa dan tokoh-tokoh masyarakat memberikan dukungan. Tidak luput, banyak orang tua turut hadir memberi semangat kepada anak-anaknya,” kata Agustina, di sela-sela acara puncak (penutupan) festival anak shaleh Gampong Lhung Asan, Selasa malam (14/3/2023).

Baca Juga :   Grand Opening, Warkop Poge Coffee Belakang Masjid Agung Abdya Gelar Syukuran

Kepada masyarakat, pemuda dan aparatur desa, Agustina berharap agar pelaksanaan kegiatan serupa dapat dilaksanakan setiap tahun, tentunya dengan sumber anggaran dari Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG) atau Dana Desa (DD).

Sementara itu, Keuchik Lhung Asan, Maidi S.Sy, dalam sambutannya mangaku sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh Guru Seumebeut dan Pemuda Gampong setempat.

Maidi berharap, acara festival anak Shaleh ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, karena ajang perlombaan itu sendiri untuk melatih skill dan kemampuan anak-anak agar dapat bersaing di tingkat yang lebih tinggi.

Baca Juga :   Senin Esok, Darmansyah akan Dilantik sebagai Pj Bupati Abdya di Banda Aceh

“Untuk kegiatan positif ini harus terus dilakukan, ini menjadi salah satu program prioritas Desa Lhung Asan dalam rangka membangun SDM dengan nilai-nilai Islam sesuai visi misi Keuchik,” ucapnya.

Terakhir, Keuchik Lhung Asan menyampaikan bahwa kedepan kegiatan serupa akan dilaksanakan lebih meriah lagi dengan memperluas cabang yang akan diperlombakan, dan bahkan bisa diikuti oleh tingkat SMA/SMK sederajat.

“Dan Insya Allah kedepan, kegiatan seperti ini juga akan kita tingkatkan lagi anggarannya dalam APBG,” pungkasnya.

Pada malam penutupan yang merupakan malam puncak festival anak shaleh Gampong Lhung Asan ini juga dilakukan penyerahan hadiah berupa trofi, sertifikat dan uang tunai kepada peserta pemenang lomba. (*)

Editor : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *