Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Santuni Anak Yatim Warnai Peringatan Nuzulul Qur’an Pemkab Aceh Utara

0
×

Santuni Anak Yatim Warnai Peringatan Nuzulul Qur’an Pemkab Aceh Utara

Sebarkan artikel ini
Santuni Anak Yatim Warnai Peringatan Nuzulul Qur’an Pemkab Aceh Utara, Jum'at malam (7/4/2023). Foto/AGN/Murhaban

LHOKSUKON – Rektor IAIN Lhokseumawe Ustaz Dr Danial, M.Ag, mengisi tausiyah agama pada acara memperingati malam Nuzulul Qur’an yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Utara di Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon, Jum’at malam, (07/04/2023).

Kegiatan itu turut dihadiri oleh para Staf Ahli Bupati, para Asisten, para Kepala SKPK, para Camat, para Kabag Setdakab, Imum Syik Masjid Baiturrahim Lhoksukon Tgk H Jamaluddin Ismail (Walidi), tokoh masyarakat dan alim ulama setempat, serta jamaah tarawih malam ke-17 Ramadhan 1444 H.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Ustaz Danial dalam ceramahnya antara lain mengatakan pentingnya keberadaan Al-Qur’an sebagai panduan kehidupan umat Islam.

Baca Juga :   Reses Ketiga, Safaruddin Jaring Aspirasi Masyarakat Tangan-tangan Abdya

“Jangankan dalam sebuah kehidupan, barang barang elektronik saja yang kita beli memiliki buku panduan. Apalagi bagi kita dalam dalam meniti kehidupan ini yang penuh dengan berbagai problema dan godaan,” katanya.

Kata Ustaz Danial, keajaiban Al-Qur’an sudah diakui oleh berbagai penelitian oleh para ahli dan profesor sekalipun. Setiap yang membaca Al-Qur’an mereka pasti akan selalu tertarik dan terus tertarik untuk membacanya meskipun mereka belum cukup mengerti makna dan arti di dalamnya.

Keajaiban Al-Qur’an bukan hanya terhadap isi atau kandungan secara umum, akan tetapi juga telah diteliti terhadap kata dan lawan kata tertentu. Misalnya kata hayat (hidup) dan kata mautu (mati) disebutkan dalam Al-Qur’an masing-masing dengan jumlah yang sama. Begitu juga kata malaikat disebut dalam jumlah yang sama dengan kata syaitan.

Baca Juga :   Kejari Langsa Eksekusi Cambuk Dua Terpidana Perkara Maisir

Penjabat Bupati Aceh Utara dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Dayah Abdullah Hasbullah, SAg, MSM, antara lain mengajak jamaah untuk meningkatkan pendalaman isi dan kandungan Al-Qur’an serta benar benar mempedomani Al-Qur’an sebagai tuntunan hidup.

“Semoga dengan peringatan malam Nuzulul Qur’an kali ini dapat kita jadikan sebagai momentum untuk kembali kepada pedoman hidup yang hakiki, yang diturunkan oleh Allah SWT melalui Rasulullah SAW untuk menjadi petunjuk ke jalan yang benar,” ujar Hasbullah.

Baca Juga :   Putra Abdya Maju di Bursa Calon Ketua KNPI Aceh

Acara peringatan Nuzulul Qur’an yang diselenggarakan oleh Pemkab Aceh Utara diawali dengan shalat isya berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Pj Bupati yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Dayah dan ceramah agama. Terakhir shalat sunat tarawih dan witir.

Dalam rangkaian kegiatan itu juga dilakukan pemberian santunan untuk anak yatim yang diserahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Dayah Abdullah Hasbullah, SAg, MSM, didampingi oleh Imum Syik Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon Tgk H Jamaluddin Ismail (Walidi), Plt Kepala Dinas Syari’at Islam Haddaini, SSos, dan Kabag Humas Muslem, S.Sos. (*)

Editor : Salman