Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

TP PKK Gampong Baharu Blangpidie Gelar Lomba Masak Antar Dusun

387
×

TP PKK Gampong Baharu Blangpidie Gelar Lomba Masak Antar Dusun

Sebarkan artikel ini
Pj Keuchik Gampong Baharu, Nanda Saputra menyampaikan sambutan pada pembukan acara lomba memasak di gampong setempat, Selasa (18/1/2022). (GLOBAL/SALMAN)

GLOBAL BLANGPIDIE – Pengurus TP PKK Gampong Baharu Kecamatan Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar kegiatan perlombaan memasak yang berlangsung di Gedung Pasar Ikan gampong setempat, Selasa (18/1/2022).

Kegiatan lomba memasak tersebut diikuti oleh Ibu-ibu dalam tiga dusun yang terdiri Dusun Perumnas, Dusun Setia dan Dusun Tanoh Mirah.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Ketua TP PKK Gampong Baharu, Ayuni menyampaikan untuk peralatan dan bahan baku masakan, masing-masing peserta diberi kesempatan untuk mencari dan mengolah sendiri.

“Pihak Pemerintah Gampong Baharu hanya menyediakan dana, jadi mereka bebas berkreativitas dengan bahan utama masakannya yaitu, ikan lele dan teri asam sunti,” ujar Ayuni usai acara lomba.

Baca Juga :   Warga Durian Rampak Susoh Kompak Kumandangkan Takbir Idul Fitri 1443 H

Ia menyebutkan, selain itu para peserta juga menampilkan aneka masakan lain dengan bahan sagu, seperti umping sagu, guli-guli sagu, dan lupek sagu.

“Menunya pun diberi nama oleh para peserta, namun pihak panitia menentukan judul makanan yang diolah khusus makanan yang di sajikan kepada tamu,” katanya.

Ayuni menuturkan, aneka menu tersebut setelah dimasak kemudian di nilai dewan juri yang berasal dari Pengurus PKK Kabupaten Abdya dan PKK Kecamatan Blangpidie.

“Yang dinilai bukan hanya soal estetika rasa saja, akan tetapi juga teknik penyajian makanan yang unik dan menarik diperhatikan,” sebutnya.

Baca Juga :   Jadikan Peringatan Israk Mikraj 1443 H Sebagai Momentum Evaluasi Diri

“Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan sukses, karena para ibu-ibu peserta sangat antusias dan senang mengikuti perlombaan memasak ini,” ucap Ayuni.

Sementara itu, Pj Keuchik Baharu Nanda Saputra sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Pengurus dan kader PKK Gampong Baharu dalam menginisiasi kegiatan lomba memasak ini.

Kegiatan itu, kata Nanda, secara tidak langsung telah meningkatkan ukhuwah, dan kebersamaan antar sesama ibu-ibu di Gampong.

Menurutnya, kegiatan seperti ini dinilai sangat positif. Dia berharap agar kedepan terus berlanjut, serta dapat di usulkan kembali dalam Musrenbangdes.

Baca Juga :   Diskop UKM Aceh Gelar Bimtek Pengelasan bagi Pemula

“Semoga ini menjadi icon percontohan, bagi desa lain agar termotivasi dalam meningkatkan SDM masyarakat melalui kegiatan perlombaan seperti ini,” ungkap Nanda.

Adapun pemenang lomba memasak ibu-ibu di Gampong Baharu ini yakni, juara satu diraih oleh Dusun Setia, juara dua Dusun Perumnas dan juara tiga Dusun Tanoh Mirah.

Turut hadir pada kegiatan tersebut sejumlah pengurus TP PKK Abdya, TP PKK Kecamatan Blangpidie, Pengurus dan kader TP PKK Gampong Baharu, Tuha Peut, Pendamping Desa (PD), PLD serta seluruh perangkat dalam gampong setempat. (*)