Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

38 Warga Kuta Tinggi Abdya Terima BLT Kemiskinan Ekstrem Via Rekening Bank

344
×

38 Warga Kuta Tinggi Abdya Terima BLT Kemiskinan Ekstrem Via Rekening Bank

Sebarkan artikel ini
Keuchik Gampong Kuta Tinggi, Ruhasbi menyerahkan BLT Kemiskinan ekstrem secara simbolis untuk bulan Januari, Februari dan Maret 2023 kepada warga di kantor Keuchik Gampong setempat, Rabu (8/3/2023). Foto/Istimewa.

“Alhamdulillah, untuk 38 KK penerima BLT kemiskinan ekstrem juga kami salurkan via rekening bank masing-masing penerima dengan total bantuan yang diterima sebesar Rp 900.000 dari bulan Januari hingga Maret 2023,” ucap Rahmat.

BLANGPIDIE – Pemerintah Gampong Kuta Tinggi, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), menerapkan sistem penyaluran dana BLT Dana Desa lewat rekening bank penerima atau cashless.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Keuchik Gampong Kuta Tinggi, Ruhasbi melalui Sekdes Rahmat Firnanda saat dikonfirmasi membenarkan jika pihaknya sudah menerapkan sistem penyaluran BLT ke rekening Bank milik warga penerima bantuan. Sistem tersebut bahkan sudah dijalankan sejak tahun 2022 lalu.

“Iya benar. Mulai tahun lalu BLT dari Dana Desa sudah kami salurkan langsung ke rekening bank masing-masing milik warga penerima bantuan,” ujar Rahmat via telpon seluler, Rabu (8/3/2023).

Rahmat menambahkan, bantuan tersebut disalurkan ke rekening penerima dengan cara didebet langsung dari Rekening Kas Gampong (RKG) Bank Aceh Syariah, tanpa melakukan penarikan tunai ke bank.

“Uangnya didebet, permohonan debet langsung dari rekening desa tanpa penarikan,” katanya.

Rahmat menyebut, sebelumnya metode penyaluran BLT lewat rekening bank penerima manfaat ini sudah dikonsultasikan dengan TA dan pendamping desa.

“Secara aturan menurut pendamping desa dibenarkan. Tujuannya untuk efisiensi dan menghindari resiko-resiko yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Alasan lain, pihaknya menerapkan sistem tersebut juga untuk menciptakan kenyamanan dan keamanan dalam penyaluran bantuan, serta juga untuk meminimalisir kecurangan.

Penyaluran BLT Kemiskinan ekstrem tahun 2023, Pemerintah Gampong Kuta Tinggi melalui musyawarah desa khusus bersama Tuha Peut dan masyarakat telah menetapkan 38 keluarga miskin sebagai penerima bantuan.

“Alhamdulillah, untuk 38 KK penerima BLT kemiskinan ekstrem juga kami salurkan ke rekening bank masing-masing penerima dengan total bantuan yang diterima sebesar Rp 900.000 dari bulan Januari hingga Maret 2023,” ucap Rahmat.

Ia juga menyampaikan, Keuchik Gampong Kuta Tinggi berpesan kepada penerima bantuan BLT kemiskinan ekstrem ini agar memanfaatkan dengan baik bantuan tersebut.

“Pesan pak Keuchik kepada warga yang menerima bantuan, semoga dengan BLT ini dapat membantu kebutuhan sehari-hari apalagi dalam menghadapi meugang dan puasa,” sampai Rahmat.

Penyerahan BLT kemiskinan ekstrem selama tiga bulan berturut-turut ini berlangsung di kantor Keuchik Gampong Kuta Tinggi. Turut Hadir Keuchik Gampong Kuta Tinggi Ruhasbi, Sekdes Rahmat Firnanda, PD dan PLD, serta kepala dusun. (*)

| Editor : Salman

Baca Juga :   Cegah Stunting, Gampong Kuta Tinggi Abdya Gelar Rumah Desa Sehat