Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Cegah DBD, Pemerintah Gampong Kuta Tinggi Lakukan Fogging dan Bersih-bersih Lingkungan Desa

446
×

Cegah DBD, Pemerintah Gampong Kuta Tinggi Lakukan Fogging dan Bersih-bersih Lingkungan Desa

Sebarkan artikel ini
Keuchik dan Aparatur Gampong Kuta Tinggi bersama Babinkamtibmas foto bersama dalam rangka kegiatan fogging dan gotong royong mencegah penyebaran penyakit DBD, Senin (20/3/2023). Foto/AGN/Istimewa.

BLANGPIDIE – Untuk mencegah Demam Berdarah Dengue atau DBD, Pemerintah Gampong Kuta Tinggi, Kecamatan Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya) lakukan fogging atau pengasapan di lingkungan Gampong setempat, Senin (20/3/2023).

Kegiatan fogging tersebut dilaksanakan berbarengan dengan gotong royong masyarakat, yaitu bersih- bersih lingkungan desa dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan 1444 H.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Kegiatan fogging ini kita lakukan sekalian dengan gotong royong masyarakat, terutama menjelang datangnya bulan puasa. Selain itu, juga dalam rangka penanggulangan agar tidak meluasnya wabah penyakit DBD di desa kita,” kata Keuchik Gampong Kuta Tinggi, Ruhasbi.

Baca Juga :   Sambut Ramadhan 1444 H, PKB Kota Banda Aceh Bersih-bersih Masjid

Ruhasbi menambahkan, fogging yang dilakukan oleh pihaknya tersebut sebagai langkah antisipatif pasca terinfeksinya delapan orang warga Kuta Tinggi akibat diserang oleh penyakit DBD

“Untuk mencegah serangan nyamuk malaria (Aedes Aegypti), tidak hanya cukup dengan fogging saja, namun kami juga mengharapkan kesadaran dari masyarakat untuk selalu bergotong royong menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal masing-masing,” ujarnya.

Maka itu, Keuchik Ruhasbi berpesan kepada masyarakat untuk dapat menerapkan 3M yaitu Menutup rapat tempat penyimpanan air, Menguras tempat penampungan air secara rutin, setidaknya seminggu sekali, serta Mengubur atau mendaur ulang barang bekas yang dapat menyebabkan air menggenang, karena media tersebut merupakan tempat berkembangbiaknya jentik nyamuk DBD.

Baca Juga :   Cegah Stunting, Gampong Kuta Tinggi Abdya Gelar Rumah Desa Sehat

“Semoga dengan pencegahan dan bentuk kewaspadaan kita, kiranya dapat mengurangi dan menghilangkan penyakit DBD,” harapnya.

Sementara itu, Babinkamtibmas Gampong Kuta Tinggi, Brigadir Miswar berpesan agar masyarakat selalu menjaga kondisi kebersihan lingkungan desa.

“Saya sebagai Bhabinkamtibmas Polsek Blangpidie menyampaikan kepada masyarakat Kuta tinggi, agar selalu menjaga kebersihan lingkungan desa kita agar terhindar dari menyebarnya penyakit DBD,” imbau Miswar.

Baca Juga :   Empat Instansi Pemkab Abdya Buka Puasa Bersama dengan Masyarakat dan Musafir

Selain itu, Brigadir Miswar juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Gampong Kuta Tinggi untuk saling menjaga keamanan dan ketertiban bersama di dalam lingkungan Desa.

Pada kegiatan fogging tersebut, Pemerintah Gampong Kuta Tinggi berkerja sama dengan Dinas Kesehatan Abdya dan personel Babinkamtibmas melakukan pengasapan di beberapa titik lokasi mulai dari gang, jalan, sekolah, perumahan warga hingga pada tempat-tempat fasilitas umum lainnya yang berada di Desa. (*)

Editor : Salman