Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
DaerahHaji

4.709 Calon Jemaah Haji Aceh akan Diberangkatkan ke Makkah, Ini Jadwalnya

317
×

4.709 Calon Jemaah Haji Aceh akan Diberangkatkan ke Makkah, Ini Jadwalnya

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi jemaah haji. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL)

Banda Aceh, Acehglobal – Sebanyak 4.709 calon jemaah haji asal Aceh akan diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah pada tahun 2024 ini.

Para jemaah haji Tanah Rencong ini masuk dalam pemberangkatan gelombang kedua yang dijadwalkan berangkat ke Makkah mulai 29 Mei 2024.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Sementara gelombang pertama akan lebih dulu berangkat pada 12 Mei 2024.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh, Azhari, mengatakan, jemaah haji Aceh gelombang kedua tersebut akan diberangkatkan melalui Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) di Aceh Besar.

Baca Juga :   Koramil 06/Kluet Utara Gelar Komsos dengan Komponen Masyarakat

“Alhamdulillah, Aceh mendapatkan kloter gelombang kedua tahun ini. Hal ini tentu memberikan kemudahan bagi persiapan di Kanwil, Asrama Haji, maupun bagi jemaah haji itu sendiri,” ujar Azhari dalam siaran pers, Kamis (18/4/2024).

Selain calon jemaah haji, kata Azhari, Kanwil Kemenag Aceh juga memberangkatkan petugas haji menuju Tanah Suci. Sebanyak 4.709 jemaah haji tersebut terbagi dalam 12 kelompok terbang (Kloter).

Ia menjelaskan, bahwa Kanwil Kemenag Aceh telah melakukan berbagai persiapan matang untuk kelancaran keberangkatan jemaah haji.

Persiapan tersebut meliputi penyiapan penginapan jemaah di embarkasi, penyusunan Pembantu Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPPIH) 2024, penyiapan dokumen, dan berbagai hal teknis lainnya.

Baca Juga :   IMM Abdya Nyatakan Sikap Siap Bergembira di Musyda Jantho

“Yang pertama, kita di Kanwil sudah menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan pada saat pemberangkatan, penyusunan PPPIH yang akan diterbitkan SK oleh pusat. Pekan depan kita akan melakukan pelantikan dan kemudian persiapan di asrama haji,” ujar Azhari.

“Kami juga telah berkoordinasi dengan maskapai Garuda Indonesia, Perum Damri, dan Balai Kekarantinaan Kesehatan untuk memastikan kelancaran penerbangan, angkutan darat, dan pemeriksaan kesehatan jemaah haji,” tambahnya.

Azhari mengimbau jemaah haji Aceh untuk memantapkan persiapan diri, baik fisik, mental, maupun manasik haji.

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya sedang menunggu pengiriman koper dan buku panduan manasik haji yang akan dibagikan untuk seluruh jemaah.

Baca Juga :   Tradisi "Kenduri Apam" Warnai Peringatan Israk Mikraj di Gampong Durian Rampak

Kemenag Kabupaten/Kota juga diharapkan melaksanakan manasik haji untuk membekali jemaah dengan pengetahuan dan pemahaman yang diperlukan dalam melaksanakan ibadah haji.

“Kami harap seluruh jemaah mengikuti manasik haji dengan serius agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan mabrur,” pesan Azhari.

Sebelumnya, Kanwil Kemenag Aceh juga telah menggelar rapat koordinasi dengan maskapai Garuda Indonesia, Perum Damri Cabang Banda Aceh, dan Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas 1 Banda Aceh pada Rabu (17/4/2024).

Rapat tersebut membahas kesiapan seluruh instansi yang terlibat dalam pelaksanaan ibadah haji tahun 2024/1445 H.(*)