Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

9 Bulan Tak Gajian, Abpednas dan Perangkat Kampung Subulussalam Demo Walikota

720
×

9 Bulan Tak Gajian, Abpednas dan Perangkat Kampung Subulussalam Demo Walikota

Sebarkan artikel ini
Ketua Abpednas Subulussalam, Sahbudiyono melakukan orasi di halaman kantor Walikota setempat, Selasa (7/3/2023). Foto: AcehglobalNews/RONI.

“Gaji kami cuma 1 juta pak, kami bekerja siang dan malam, kadang tengah malam ada warga yang meninggal, kita dibanguni. Dimana hati nurani bapak,” ungkap Karim dengan nada sedih.

SUBULUSSALAM – Sejumlah Imam Dan Aparatur Kampung Se-Kota Subulussalam, bersama Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (Abpednas) menggelar aksi demonstrasi di halaman Kantor Walikota setempat, Selasa (7/3/2023).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Aksi tersebut mendesak agar Walikota Subulussalam membayar honor/gaji para Imam dan Aparatur Kampung di Subulussalam yang sudah sembilan bulan tak kunjung dibayarkan.

Peserta aksi yang berjumlah sekitar seratusan orang dari unsur para Imam dan Aparatur Kampung itu menilai Pemerintah Subulussalam telah menzalimi masyarakat di kota Sada Kata.

Dalam orasinya, Ketua Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (Abpednas) Subulussalam, Sahbudiyono mendesak Pemko Subulussalam untuk segera mencairkan gaji Aparatur kampung di kota Subulussalam.

“Perlu diketahui pak, gaji aparatur kampung sudah sejak Juli 2022 lalu sampai saat ini belum terbayar, artinya 6 bulan selama tahun 2022, dan 3 bulan di tahun 2023,” ungkap Sahbudiyono.

“Jadi, totalnya 9 bulan. Kami belum menerima hak kami, bagaimana kalau bapak-bapak semua yang tidak dibayar gajinya,” tegas Sahbudiyono, di iringi dengan teriakan massa yang hadir dan menyebut Pemko Subulussalam adalah pemerintah dzalim.

Hal senada juga diungkapkan oleh Imam kampung Namo Buaya, Abdul Karim Berutu. Dalam orasinya, Abdul Karim berharap pemerintahan kota Subulussalam sekarang untuk tidak menzalimi masyarakat.

Bahkan, Ia menyebut, jika di masa pemerintahan Kota Subulussalam sebelumnya tidak seperti ini artinya gaji/honor para Imam dan Aparatur Kampung berjalan lancar dan selalu dibayarkan.

“Gaji kami cuma 1 juta pak, kami bekerja siang dan malam, kadang tengah malam ada warga yang meninggal, kita dibanguni. Dimana hati nurani bapak,” ungkap Karim dengan nada sedih.

Menanggapi tuntutan massa tersebut, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Kampung (PMK) Kota Subulussalam, Irwan Faisal, mengatakan jika honor triwulan I tahun 2023 akan segera dicairkan bulan ini.

“Untuk sisa hutang triwulan 3 dan 4 di 2022 akan menyusul, karena masih banyak ABPKam yang belum selesai,” terang Faisal

Sementara itu, Plt. Asisten I Setdako, H. Sairun, S.Ag, M.Si yang juga turut hadir di tengah aksi massa juga menyampaikan, bahwa honor triwulan I 2023 bagi para Imam dan Aparatur Kampung Subulussalam segera dicairkan.

Meski, kata dia, sejumlah kampung masih harus menyelesaikan Anggaran Pendapatan Belanja Kampung (APBKam).

“Dan, sisa kurang bayar dua triwulan 2022 akan dibayar April 2023,” jelas Sairun.

Kendati sudah dapat penjelasan dari Asisten I dan Kadis PMK Subulussalam, akan tetapi massa masih juga belum percaya dan mereka menuntut gaji bisa dibayarkan dalam pekan ini.

“Jangan hanya diberi PHP Pak, Kami bosan dengan janji Pemko Subulussalam,” sorak massa yang mengajak bergerak menuju Gedung DPRK. (*)

Editor : Salman

Baca Juga :   Usai Bacok Dua Warga, Centeng Kebun Kelapa Sawit di Nagan Raya Ditangkap