Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

AMPES Nilai Bimtek Kades Subulussalam ke Sumut Ajang Menghamburkan Uang Rakyat

258
×

AMPES Nilai Bimtek Kades Subulussalam ke Sumut Ajang Menghamburkan Uang Rakyat

Sebarkan artikel ini
Wakil Ketua AMPES, Irwandi (Foto: Istimewa)

Seluruh kepala desa (Kades) di kota Subulussalam dikabarkan akan melakukan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) ke Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Kegiatan Bimtek Kades tersebut, menuai sorotan dari Aliansi Mahasiswa Pemuda Kota Subulussalam (AMPES).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Wakil Ketua AMPES, Irwandi menilai kegiatan Bimtek Kades ke luar provinsi (Sumut) terkesan hanya menghamburkan uang rakyat atau membuang anggaran Dana Desa.

“Kalau hanya sekedar Bimtek, ngapain mesti keluar daerah, apa salahnya kita selenggarakan di daerah sendiri, dan juga mengundang pemateri dari Kota Subulussalam, sehingga tidak mengeluarkan banyak anggaran,” kata Irwandi, dalam keterangannya, Selasa (31/5/2022).

Baca Juga :   Badan Jalan Lintas Bireuen-Takengon Tertimbun Longsor

Irwandi berujar, Bimtek Kades ke Sumut dikabarkan menguras Dana Desa hampir Rp 20 juta setiap Desa. Dalam rencana Bimtek itu, pihaknya pun mengaku tidak tahu instansi (lembaga) mana yang menjadi penanggung jawab kegiatan Bimtek tersebut.

“Kita menduga ada kegiatan jahat yang akan dilakukan seorang oknum yang tidak bertanggung jawab dengan memanfaatkan bimtek ini di jadikan sebagai ajang untuk memperkaya diri dan buang duit rakyat,” katanya.

Baca Juga :   Lakalantas di Aceh Besar, Istri Mantan Camat di Abdya Meninggal Dunia

Irwandi juga mengungkapkan, Kepala Desa Subulussalam baru saja melakukan bimtek ke daerah yang sama (Medan), namun tidak menghasilkan apa-apa, bahkan katanya bermasalah.

“Setahu kami beberapa kades sudah pernah dipanggil pihak Kejari Subulussalam terkait dana Bimtek sebelumnya. Kalau sudah bermasalah kenapa masih ada bimtek tahun ini, kok seperti di paksakan,” imbuhnya.

AMPES berharap Kejari Subulussalam menunjukkan kinerjanya dengan segera mengaudit secara tuntas kegiatan Bimtek Kades tersebut sampai dengan selesai.

Baca Juga :   Bawaslu Subulussalam Perkuat Kemitraan dengan Insan Pers melalui Diskusi Media

“Kalau Kejari diam saja dan tidak memperhatikan kasus ini, maka kami menganggap ada indikasi persengkokolan pengelolaan Bimtek, dan ini harus ditindak di tingkat yang lebih tinggi,” pungkas Irwandi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Kota Subulussalam, Irwan Faisal saat dikonfirmasi Acehglobalnews.com melalui telepon seluler dan WhatsApp, Selasa (31/5/2022) malam sekitar pukul 21.00 WIB, belum merespon perihal kabar adanya Kades Subulussalam melaksanakan Bimtek ke Sumut tersebut.(*)