Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Baitul Mal Abdya Sosialisasi Pembentukan BMG di Kecamatan Manggeng

166
×

Baitul Mal Abdya Sosialisasi Pembentukan BMG di Kecamatan Manggeng

Sebarkan artikel ini
Baitul Mal Abdya menggelar sosialisasi pembentukan Baitul Mal Gampong (BMG) di kecamatan Manggeng, yang berlangsung di aula Kantor Camat setempat, Selasa (28/11/2023). Foto: Acehglobal/Ist.

Blangpidie, Acehglobal — Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat Daya (BMK Abdya) kembali menggelar sosialisasi pembentukan Baitul Mal Gampong (BMG) dalam wilayah kabupaten setempat. Kali ini sosialisasi dilakukan di Kecamatan Manggeng, Selasa (28/11/2023).

Kegiatan yang berlangsung di aula Kantor Kecamatan Manggeng tersebut dibuka langsung oleh Camat Manggeng, Hamdani, SE. Sosialisasi ini dihadiri oleh para Keuchik (Kepala Desa) dan perwakilan dari masing-masing Gampong di Kecamatan Manggeng.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dalam sambutannya, Camat Hamdani mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang digelar oleh BMK Abdya. Menurutnya, kegiatan ini dapat menjadi momentum bagi Keuchik Gampong untuk mendiskusikan perihal program dan bantuan-bantuan apa saja yang ada di Baitul Mal.

Baca Juga :   Pemkab Abdya Buka Seleksi Komisioner Baitul Mal, Ini Kriteria dan Syaratnya

“Saya berharap dengan kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman kepada kita khususnya para Keuchik dan masyarakat tentang tugas, fungsi dan kewenangan Baitul Mal Gampong,” ujarnya.

Camat Hamdani juga berharap dengan kehadiran Baitul Mal sesuai Qanun Aceh Nomor 3 Tahun 2021 perubahan Qanun Aceh Nomor 10 Tahun 2018 dapat menjadi solusi terhadap problematika ekonomi rumah tangga masyarakat miskin saat ini.

“Saya berpesan dalam penyaluran bantuan kepada mustahik, Baitul Mal untuk terus intens berkoordinasi dengan Keuchik agar bantuan yang diberikan dapat tepat sasaran,” pesannya.

Baca Juga :   Zulbaili Resmi Jabat Ketua Baitul Mal Abdya

Sementara itu, Ketua Baitul Mal Abdya Zulbaili menyatakan pihaknya akan terbuka pada publik menyangkut kegiatan penyaluran zakat dan infak di Baitul Mal.

“Baitul Mal ini adalah milik kita bersama, bukan milik kami. Oleh sebab itu, kami sangat mengharapkan kritikan dan saran dari Keuchik agar kedepan Baitul Mal bisa menjadi lembaga Amil yang dipercaya oleh masyarakat,” katanya.

Ketua Baitul Mal mengungkapkan kehadiran BMG tidak serta merta ingin merubah tradisi atau kebiasaan yang selama ini telah dijalankan oleh pengurus mesjid Gampong (‘Amilin) yang dipimpin Tgk Imum Gampong dalam mengurus, menerima dan menyalurkan zakat fitrah kepada warga miskin dan fakir dalam masing-masing Gampong.

Baca Juga :   BBM Naik, 3 Jenis Bansos Siap Cair Mulai Rp150.000 hingga Rp600.000

“Akan tetapi, yang kita harapkan dengan adanya BMG maka kedepan pengelolaan zakat fitrah atau zakat-zakat lainnya di Gampong akan lebih tertib, sistematis dan seragam dalam kabupaten Abdya,” kata Zulbaili.

Untuk mengoptimalkan pengelolaan zakat di Baitul Mal Gampong, BMK Abdya akan melakukan pembekalan dan pembinaan terhadap pengurus BMG pada bulan Desember mendatang.

Diketahui sebelumnya, BMK Abdya telah melakukan sosialisasi pembentukan Baitul Mal Gampong di sejumlah Kecamatan, diantaranya Kecamatan Blangpidie, Susoh, Jeumpa, Setia, Tangan-tangan dan Kuala Batee. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *