Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Banjir Luapan di Kabupaten Pidie Mulai Surut

253
×

Banjir Luapan di Kabupaten Pidie Mulai Surut

Sebarkan artikel ini
Kondisi air yang menggenangi pemukiman warga di Pidie sudah mulai surut. (Foto: Acehglobalnews/Nisa)

Sigli – Banjir luapan yang melanda sejumlah pemukiman warga di Kabupaten Pidie dilaporkan dalam dua hari terakhir sudah mulai surut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie, mencatat bahwa untuk saat ini sejumlah warga yang terdampak banjir luapan tersebut kini mulai kembali ke rumah mereka untuk membesihkan rumah.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Meski air masih tersisa dipermukiman. Namun, sebagian warga sudah ada yang pulang, dan ada pula warga yang belum bisa kembali ke rumah mereka karena air masih tinggi,” kata Kepala Pelaksana BPBD Pidie, Muhammad Rabiul, Senin (23/1/2023).

Baca Juga :   Penolakan Sosok Perempuan jadi Calon Pj Bupati Nagan Raya adalah Pembangkangan Konstitusi

Sementara itu, Zul Pahwan (35), Keuchik Gampong Sirong Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie, mengaku di tempat tinggalnya air sudah mulai surut dan situasi makin membaik.

Bahkan, tambahnya, ada sejumlah tempat yang sebelumnya terdampak banjir parah, kini sudah mencapai batas mata kaki.

Baca Juga :   Pemerintah Gampong Kuta Bahagia Salurkan Bantuan Sembako

“Mungkin di sini tidak terlalu dalam, tapi di daerah lain, ada yang masih tergenang tergenang air sampai saat ini dan masih berada di tenda pengungsian,” terang Zul.

Lebih lanjut kata Zul, untuk penanganan terhadap dampak banjir tersebut, ia mengaku pihak pemerintahan gampong menyediakan dapur umum.

“Namun, kami hanya bisa menyediakan makanan seadanya, semoga kedepan kami dapat uluran bantuan dari pihak pemerintah,” ucapnya.

Hingga saat ini, berdasarkan data yang dihimpun dari BPBD Pidie tercatat sejumlah daerah yang masih parah tergenang banjir diantaranya, Kecamatan Simpang Tiga, Kecamatan Pidie dan Kecamatan Delima. Di wilayah tersebut ketinggian air mencapai 1 meter.

Baca Juga :   Gampong Pasar Blangpidie Salurkan BLT, Warga Diimbau Lakukan Vaksinasi

Sementara informasi yang diperoleh dari Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana BPBA pada Senin sore, menyebutkan enam kabupaten di Aceh yang masih dikepung banjir adalah Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Timur, Aceh Utara, dan Aceh Tamiang. (*)

Reporter : Nisa Karya | Editor : Salman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *