Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

87 Personel Tagana Desa di Susoh Abdya Ikuti Pelatihan Siaga Bencana

232
×

87 Personel Tagana Desa di Susoh Abdya Ikuti Pelatihan Siaga Bencana

Sebarkan artikel ini
Wabup Abdya, Muslizar MT memberikan arahan saat membuka kegiatan pelatihan kesiapsiagaan bencana bagi personel Tagana Desa di Kecamatan Susoh, Sabtu (13/11/2021). FOTO : GLOBAL/SALMAN.

GLOBAL BLANGPIDIE – Sebanyak 87 peserta dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) desa di Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengikuti pelatihan mitigasi dan kesiapsiagaan bencana.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, yaitu sejak tanggal 13 hingga 14 November 2021.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kegiatan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Abdya, Muslizar, MT, Sabtu (13/11/2021) yang berlangsung di Desa Rubek Meupayong, kecamatan setempat.

Dalam sambutannya, Wabup Muslizar mengatakan, pelatihan kesiapsiagaan tagana desa bertujuan untuk melatih para Personil Tagana ditingkat desa untuk selalu siap dan siaga saat menghadapi bencana.

Baca Juga :   Wali Nanggroe Kukuhkan Anggota Majelis Tuha Peut, Salah Satunya Mantan Bupati Abdya

“Karena sejatinya bencana itu datang tidak pernah memberi kabar terjadinya, kapan, dimana, dalam bentuk apa dan untuk siapa, Makanya kita harus siap,” ujar Wabup.

Muslizar menambahkan, selama pelatihan para personel Tagana Desa akan dididik dan dilatih secara fisik, dan mental, serta juga dibekali dengan keahlian dalam menghadapi datangnya bencana.

Baca Juga :   Thaibah Satu-satunya Keuchik Perempuan yang Dilantik Bupati Akmal Ibrahim

Oleh karena itu, ia berpesan kepada seluruh personel Tagana yang dikirim dari 29 desa di Kecamatan Susoh tersebut agar mengikuti pelatihan dengan baik dan serius.

“Jangan sampai kita menolong orang yang musibah justru kita yang musibah,” imbuhnya.

Wabup Muslizar juga menjelaskan, bencana yang dimaksud bukan hanya saja bencana alam, akan tetapi juga bencana sosial, kerawanan sosial dan wabah seperti Covid-19 yang sedang melanda di Negeri ini.

“Kami berharap kepada seluruh sahabat tagana untuk dapat membantu dan bekerja sama dengan TNI-Polri, serta pekerja sosial lainnya di lapangan tat kala ada bencana. Personil Tagana adalah relawan yang tidak digaji tapi lebih kepada pengabdian dengan panggilan hati nurani untuk membantu sesama,” pinta Muslizar.

Baca Juga :   Menteri Perdagangan Pastikan Stok Minyak Goreng di Aceh Aman saat Bulan Ramadhan

Acara pelatihan kesiapsiagaan Tagana Desa tersebut turut dihadiri oleh Ketua Tagana Abdya, Yasri Gusman, Danramil Susoh Serma Rony, Kapolsek Susoh Iptu Barmawi, Camat Susoh H Zulfan, Ketua Tagana Susoh, serta seluruh Kepala Desa (Keuchik) dalam Kecamatan setempat. (*)