Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Baitul Mal Abdya Buka Penerimaan Beasiswa Tahfidz 2024, Ini Link Pendaftarannya

439
×

Baitul Mal Abdya Buka Penerimaan Beasiswa Tahfidz 2024, Ini Link Pendaftarannya

Sebarkan artikel ini
Kasubbag Pemberdayaan Sektretariat Baitul Mal Abdya, Fakhrurrazi, SE. (Foto: Acehglobal / Istimewa)

Blangpidie, Acehglobal — Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melalui Baitul Mal Kabupaten setempat kembali membuka penerimaan beasiswa Tahfidz bagi putra putri asal Abdya pada tahun 2024.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Sekretariat Baitul Mal Abdya, Iin Supardi S.S, M.E.I melalui Kasubbag Pemberdayaan Fakhrurrazi SE, Jumat (19/4/2024).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Tahun ini Baitul Mal Abdya kembali membuka seleksi beasiswa Tahfidz dengan kategori hafalan 3-5 juz, 6-10 juz, 11-20 juz dan 21-30 juz,” kata Fakhrurrazi.

Ia menjelaskan, pendaftaran dimulai dari tanggal 19 – 25 April 2024.

“Untuk pendaftaran bisa dilakukan secara online atau mendaftar langsung ke kantor Baitul Mal Abdya di Jalan Irian Desa Meudang Ara, Blangpidie (tepatnya di simpang Polsek Blangpidie) seraya membawa berkas administrasi pendaftaran,” ujarnya.

Baca Juga :   Ketua dan Plt Kepala Sekretariat Baitul Mal Abdya Ikuti Rakornas BAZNAS 2023 Se Indonesia

Bagi yang mendaftar online, lanjut Fakhrul, peserta dapat klik langsung link: https://s.id/beasiswa-tahfidz-baitulmalabdya-2024.

Dalam link tersebut peserta diarahkan untuk mengisi biodata dan meng-upload berkas persyaratan administrasi, serta memilih jumlah hafalan.

Kriteria penerima beasiswa Tahfidz Baitul Mal Abdya diantaranya, berstatus santri/pelajar, memiliki hafalan minimal 3 juz dengan status mutqin, berusia maksimal 22 tahun, dan bersedia mengikuti seleksi tes hafalan yang diselenggarakan Baitul Mal.

Adapun persyaratan administrasi meliputi mengisi formulir, fotocopy kartu santri/pelajar, fotocopy KK orang tua/wali, serta fotocopy sertifikat atau keterangan/syahadah/tasmi’ Tahfidz dan fotocopy buku rekening bank Aceh Syariah yang masih aktif.

Baca Juga :   Murid TK Tahfidz Baitul Ghafur Abdya Salurkan Infak ke Baitul Mal

“Untuk berkas pendaftaran kita terima paling lambat 25 April 2024,” imbuh Fakhrurrazi.

Lebih lanjut, Fakhrul menjelaskan peserta yang mendaftar akan diseleksi administrasi dan akan di umumkan pada 29 April.

Kemudian akan ada tes hafalan yang diselenggarakan di dua titik lokasi yaitu di Kantor Baitul Mal Abdya pada 2 – 3 Mei 2024 dan Anjungan Abdya Komplek Taman Ratu Safiatuddin Lampriet Banda Aceh pada 6 – 7 Mei 2024.

“Peserta yang lulus tes hafalan yang akan menerima beasiswa ini. Nanti diumumkan pada 13 Mei 2024,” tuturnya.

Fakhrul juga menambahkan, Baitul Mal Abdya pada tahun ini mengalokasikan beasiswa Tahfidz sebanyak 195 orang yang berasal dari Kabupaten Aceh Barat Daya.

Baca Juga :   Baitul Mal Abdya Sosialisasi Pembentukan BMG di Kecamatan Jeumpa

“Informasi lebih lanjut mengenai seleksi beasiswa ini, kepada peserta kami harapkan untuk sering mengupdate informasi di Instagram Baitul Mal Abdya,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Baitul Mal Abdya, Zulbaili Djuned, S.Pd.I mengatakan, pemberian beasiswa tahfidz ini merupakan bentuk reward terhadap para penghafal Al Quran dalam melestarikan budaya membaca Al Quran sebagai kitab suci umat Islam.

“Mudah-mudahan dengan bantuan beasiswa ini dapat meningkatkan motivasi generasi kita dalam meningkatkan hafalannya dan bermanfaat bagi mustahik penerima bantuan,” ujarnya.

Zulbaili juga mengajak kepada hafidz dan hafizah asal Abdya untuk tetap semangat dalam menghafal Al Quran.(*)