Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaHeadline

BLT Dana Desa Cair 900 Ribu, Ini Syaratnya Cek di Link sid.kemendesa.go.id

291
×

BLT Dana Desa Cair 900 Ribu, Ini Syaratnya Cek di Link sid.kemendesa.go.id

Sebarkan artikel ini
Warga menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) senilai Rp. 300.000 per Kepala Keluarga / Foto: Acehglobalnews.com

JAKARTA, ACEHGLOBAL – BLT Dana Desa akan segera cair bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di desa. Kabarnya BLT Dana Desa akan dirapel selama tiga bulan.

Dirapelnya BLT yang bersumber dari Dana Desa ini untuk mempermudah dan mempercepat proses penyaluran bantuan itu kepada masyarakat.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dilansir dari laman beritadiy, bahwa hal tersebut dikabarkan langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar.

“Kemarin-kemarin BLT dana desa hanya bisa disalurkan setiap bulan. Hari ini sudah lebih disederhanakan lagi dan bisa dirapel, sehingga bisa tiga bulan langsung (dicairkan) diberikan kepada KPM (Keluarga Penerima Manfaat),” dikutip dari ANTARA di Pikiran Rakyat Depok .

Baca Juga :   Gampong Lhung Asan Abdya Salurkan BLT November, Warga Ambil Bantuan Perlihatkan Bukti Vaksin

Besaran bantuan BLT Dana Desa yaitu Rp 300 ribu, jika bisa dirapel tiga bulan sekaligus maka akan menerima Rp 900 ribu dalam sekali penerima menerima pembayaran.

Bantuan ini diprioritaskan untuk masyarakat atau warga desa yang kehilangan mata pencaharian dan belum mendapatkan jaring pengaman sosial lainnya.

Besaran bantuan BLT Dana Desa yaitu Rp 300 ribu, jika bisa dirapel tiga bulan sekaligus maka penerima akan menerima Rp 900 ribu dalam sekali pencairan.

Baca Juga :   Jaring Masukan atas Pelaksanaan UU Serikat Buruh, Komisi III DPD RI Gelar FGD dengan Pemerintah Aceh

Bantuan ini diprioritaskan untuk masyarakat atau warga desa yang kehilangan mata pencaharian dan belum mendapatkan jaring pengaman sosial lainnya.

Berbeda dengan Program Keluarga Harapan (PKH), Pendataan BLT Dana Desa dilakukan oleh relawan desa lawan Covid-19 berbasis RT, kemudian diputuskan melalui Musyawarah Desa (Musdes).

Beberapa syarat agar dapat BLT Dana Desa dari pemerintah, meliputi keluarga miskin, tidak menerima bantuan dari program pemerintah lainnya, seperti BST, PKH, BPNT/Sembako, dan bantuan lainnya.

Baca Juga :   Pemerintah Gampong Kuta Bahagia Abdya Salurkan BLT DD Juni kepada 68 KPM

Selanjutnya, Login ke link sid.kemendesa.go.id. Pada Pencarian data desa, pilih “Berdasarkan Nama Desa”.

Masukkan nama desa. Klik enter. Kemudian akan muncul halaman tentang deskripsi desa.

Pada bagian atas terdapat menu berupa home, deskripsi desa, rekomendasi, SDGs, Dana Desa, APBDES, BUMDES, dan BLT Dana Desa.

Pilih menu BLT Dana Desa. Setelah itu akan muncul daftar penerima BLT Dana Desa untuk setiap desa yang terdaftar.

Demikian informasi tentang BLT Dana Desa yang penyalurannya dirapel tiga bulan sekaligus beserta syarat dapat dan cek penerima via link sid.kemendesa.go.id.[]