Pimpin Apel Pasukan Operasi Ketupat 2022, Ketua DPRK Abdya Sampaikan Amanat Kapolri

Ketua DPRK Abdya, Nurdianto menyampaikan amanat Kapolri dalam apel gelar pasukan operasi Ketupat Seulawah 2022 di lapangan Mapolres setempat, Jumat (22/4/2022). (Foto: Humas Polres Abdya)

GLOBAL BLANGPIDIE – Dalam rangka pengamanan masyarakat agar tetap aman dan sehat pada perayaan Idul Fitri 1443 H, Kepolisian Resort (Polres) Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar Apel Pasukan Operasi Ketupat 2022 yang berlangsung di lapangan apel Mapolres setempat, Jumat (22/4/2022).

Gelar apel pasukan ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRK Abdya, Nurdianto. Gelar apel pasukan ini bertema “Wujud sinergi Polri dengan Instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H/2022.”

Bacaan Lainnya

Dalam amanat Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si yang dibacakan Ketua DPRK Abdya Nurdianto, Polri dengan dukungan dari TNI, Pemerintah Daerah, dan pemangku kepentingan lainnya melaksanakan Operasi Ketupat 2022 selama 12 hari mulai tanggal 28 April 2022 hingga 9 Mei 2022.

Nurdianto menyampaikan, meskipun situasi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini sudah terkendali pada tingkat penularan di bawah angka-1, dengan positivity rate dan BOR rumah sakit berada dibawah standar WHO.

“Namun, perlu tetap saya tegaskan bahwa pandemi belum sepenuhnya selesai, kita semua harus selalu waspada dengan tingkat mobilitas masyarakat yang sangat tinggi dan sangat rawan terhadap terjadinya transmisi Covid-19 menjelang saat dan pasca perayaan Idul Fitri 1443 H/tahun 2022,” ujar Nurdianto dalam amanat Kapolri.

Dalam pelaksanaan operasi ini, kata Nurdianto, akan melibatkan 144.392 personel pengamanan gabungan yang terdiri atas 87.880 personel Polri, 13.287 personel TNI, serta 43.225 personel yang berasal dari instansi terkait antara lain Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan instansi lainnya.

“Kekuatan personel tersebut akan ditempatkan pada 1.710 Pos Pengamanan dan 734 Pos Pelayanan, serta 258 Pos Terpadu,” sebutnya.

Nurdianto mengatakan, agar masyarakat tetap aman dari penularan Covid-19, maka pemerintah akan terus menggelar kegiatan vaksinasi untuk mengejar target pada 30 April 2022, disertai dengan berbagai upaya pencegahan untuk menyelamatkan bangsa Indonesia dari bahaya pandemi Covid-19.

Selain itu, Politisi Partai Demokrat ini, juga menegaskan, berbagai permasalahan menjelang saat dan pasca Idul Fitri 1443 H/tahun 2022 harus diantisipasi.

“Kita harus bergandengan tangan bersinergi dengan seluruh stakeholder terkait agar umat muslim dapat menjalankan ibadah Ramadan dengan khusyuk dan puncaknya pada perayaan Idul Fitri, serta masyarakat yang mudik berjalan lancar, aman dan sehat,” ajaknya.

Nurdianto menjelaskan, pelaksanaan pengamanan Idul Fitri ini tentunya tidak terlepas dari kebijakan Pemerintah. Dalam kebijakan tersebut telah diatur langkah-langkah secara khusus ketentuan pelaksanaan kegiatan masyarakat dan perjalanan pada masa pandemi sesuai level asesmen di masing-masing wilayah.

“Jika langkah-langkah tersebut dapat dilakukan dengan baik, saya yakin arus mudik maupun balik dapat berjalan lancar dan laju penyebaran Covid-19 dapat terkendali. Oleh karena itu, sinergisitas antar pemangku kepentingan harus solid,” tuturnya.

Untuk itu, dalam amanat Kapolri yang dibacakannya itu, Nurdianto meminta seluruh stakeholder di Abdya agar melaksanakan operasi ini dengan penuh rasa tanggung jawab dengan dukungan penuh masyarakat.

Sebelum mengakhiri amanat Kapolri, Ketua DPRK Abdya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel TNI-Polri, Pemerintah Daerah, dan pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi Ketupat-2022, sehingga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat dapat senantiasa terjaga serta arus mudik maupun balik berjalan lancar.

“Semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini, akan menjadi ladang amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, Ketua DPRK Nurdianto juga mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan dan Merayakan Idul Fitri 1443 H/2022 kepada seluruh masyarakat Abdya.

Apel gelar pasukan operasi Ketupat Seulawah 2022 ini turut dihadiri oleh Dandim 0110/Abdya yang diwakili Kapten Inf Pajar Setyawan, Kapolres Abdya, AKBP Muhammad Nasution, SIK, Waka Polres Kompol Muhayat Efendi, Mewakili Kejari Abdya, Kasi Datun Fuji Rahmadian.

Sekda Abdya, Salman Alfarisi ST, Kasatpol PP Abdya, Hamdi S.STP, Kepala BBPK Abdya, Hafiddin ST, Dansub Denpom Persiapan Blangpidie, Peltu Karmin, Danpos AL Abdya, Letda Laut Agus Bekti Priyatno, Sekretaris Dinas Kesehatan Abdya, Taufiq Lazuardi, Kabid Darat Dinas Perhubungan, Suryadi, serta seluruh Pejabat Utama Polres Abdya.(*)

Pos terkait

Plt Ketua DPRA Safaruddin ucapan selamat Idul Fitri 1443 H